Menikmati Keindahan Belitung Dari Atas Mercusur Tua Pulau Lengkuas

0
30

Bila anda berkunjung ke Belitung, rasanya belum lengkap kalau belum berkunjung ke Pulau Lengkuas. Pulau yang letaknya di Utara Pantai Tanjung Kelayang ini merupakan ikon dari Pulau Belitung. Disini terdapat mercusuar tua yang biasa digunakan oleh para wisatawan untuk menikmati alam Belitung dari ketinggian.

Mercusuar ini merupakan produk pabrikan Chance Brothers & Co yang terletak dekat Kota Birmingham. Walaupun sudah berkarat, mercusuar yang dibuat pada tahun 1882 ini masih berdiri dengan kokohnya. Untuk naik ke bagian atas mercusuar, anda membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Pada bagian teratas mercusuar ini terdapat lampu suar yang beroperasi mulai pukul17.00 sore hingga pukul 06.00 pagi, dengan beberapa solar panel sebagai sumber listrik sekunder dan sebuah mesin genset yang digunakan sebagai sumber listrik utama.

Selain menikmati Belitung dari atas mercusuar, anda bisa melakukan aktifitas lain seperti diving, snorkeling, berenang, atau hanya sekedar berjalan. Sangat sayang bukan, jika sudah bertandang ke Pulau Lengkuas tidak ikut merasakan segarnya air disini.

Untuk menuju Pulau Lengkuas, anda bisa melalui Desa Tanjung Kelayang maupun Desa Tanjung Binga. Bila anda memilih Desa Tanjung Kelayang sebaga tempat pemberangkatannya, maka anda bisa mampir ke Pulau Pasir, Pulau Babi, Pulau Burung, dan Pulau Kelayang terlebih dahulu sebelum akhirnya ke Pulau Lengkuas. Sedangkan bila anda mengambil rute Tanjung Binga, maka anda bisa mampir ke Pulau Litung dan Pulau Semaju, sebelum akhirnya menuju Pulau Lengkuas.

Di sekitar Pulau Lengkuas ada beberapa pulau kecil yang bisa didatangi hanya dengan berjalan kaki , namun tentunya anda harus menunggu air laut surut terlebih dahulu untuk bisa ke sana. Walaupun bisa didatangi dengan berjalan kaki karena jaraknya hanya sekitar 30 meter dari bibir pantai Pulau Lengkuas, anda harus rela berbasah-basahan karena pulau-pulau kecil ini masih terpisah oleh air laut dengan kedalaman mencapai dada orang dewasa.  (ensiklopediaindonesia.com)

Tinggalkan Komentar