Taman Laut 17 Pulau Riung, Flores

0
33

Jika anda sudah sering mendengar kata ‘Lombok’ maka anda juga tak asing dengan kata ‘Flores’. Benar sekali, Lombok berada di Nusa Tenggara Barat (NTB) , sedangkan Flores berada di Nusa Tenggara Timur (NTT). Sudah bukan rahasia lagi jika Lombok merupakan surganya pecinta pantai, namun bagaimana dengan saudara kembarnya, Flores (NTT)? Ternyata Flores juga tak kalah menariknya. Satu tempat yang direkomendasikan untuk dikunjungi saat anda berada di Flores adalah Taman Laut 17 Pulau Riung.

Taman laut 17 pulau riung terletak kurang lebih 70 Km sebelah uatara Kota Bajawa, Nusa Tenggara Timur. Wisata alam 17 Pulau Riung ini merupakan gugusan pulau-pulau kecil dan besar yang mirip dengan Karimun Jawa atau Kepulauan Seribu. Total jumlah yang ada adalah 17 Pulau.

Meskipun namanya Taman Laut, namun sebagian besar keberadaannya berada di atas 17 pulau tersebut. Kawasan wisata merupakan hutan kering yang hampir di seluruh pesisir pantainya ditumbuhi pohon bakau. Fauna yang hidup di taman laut 17 pulau riung antara lain komodo, landak, rusa timor, kuskus, biawak timor, ayam hutan, musang, kera, buaya, elang, kelelawar, dan masih banyak lainnya.

Meskipun Taman Laut 17 ini hampir mirip seperti taman nasional mini, namun anda juga bisa melakukan banyak aktifitas seperti berenang, berjemur, mengelilingi pulau, snorkeling dan diving juga dapat di lakukan di taman laut ini.

Saat sore hari, anda bisa melihat ribuan kelelawar yang terbang dari sarangnya yang berada di Pulau Kelelawar. Sunset di tempat inipun tak kalah indahnya dengan pantai-pantai di Lombok.

Jika anda berminat untuk menghabiskan malam di sini, jangan khawatir. Akomodasi yang tersedia di kawasan ini sudah cukup memadai meski masih sederhana. Selain penginapan, ada juga tempat makan yang menyediakan makanan khas Flores. (ensiklopediaindonesia.com)

Tinggalkan Komentar