Merasakan Serunya Ombak Kidal di Pantai Lakey

0
31

Kalau anda mendengar kata kidal, pastinya anda akan teringat dengan sesuatu yang berhubungan dengan tangan kiri atau sebelah kiri. Jika biasanya kata kidal digunakan untuk mendeskripsikan manusia, maka ada yang unik di Pantai Lakey yang berlokasi di Nusa Tenggara Barat. Pantai Lakey dikenal di antara para surfer dengan ombak kidalnya.

Jika umumnya ombak memiliki sapuan ke arah kanan, maka ombak kidal ini melengkapi keunikan Pantai Lakey yang memang sudah terkenal sejak awal. Terlebih dengan kecepatan anginnya yang terbialng kencang, kawasan ini sangat mendukung untuk melakukan olahraga air seperti surfing, wind surfing, atau kite surfing.

Ombak di Pantai Lakey terbilang stabil sepanjang tahun (tak tergantung musim), karenannya kawasan ini sering dijadikan tempat untuk event-event selancar internasional. Karena kemasyhurannya memiliki ombak yang bagus, Kota Dompu, dimana Pantai Lakey berlokasi pun juga terkenal dengan surfingnya. Anda bisa melihat patung orang yang tengah berselancar di tengah kota.

Meski ombak di sini tak terlalu tinggi (kurang lebih 6-8 meter), tapi tetap banyak wisatawan yang mengejar mencoba nyali menantang ombak. Untuk menaklukan ombak kidal, para surfer harus memiliki kemampuan khusus. Inilah yang membuat para surfer sejati semakin bersemangat untuk mengunjungi Pantai Lakey.

Pantai Leakey memiliki empat jenis ombak yang disebut-sebut oleh para peselancarnya, yaitu Lakey Peak, Cobble Stones, Lakey Pipe, dan Periscope. Jenis yang paling menantang dan hebat adalah Lakey Peak karena memberikan sensasi tantangan ombak dari arah kiri maupun kanan; pada bagian kiri berbentuk terowongan panjang sementara di bagian kanan berupa gulungan ombak yang sempurna untuk berselancar.

Meskipun ombaknya relatif stabil sepanjang tahun, namun waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Lakey adalah dari April hingga Oktober, terutama puncak kunjungan terjadi pada April-Mei. Pada saat-saat tersebut, pantai ini akan dikunjungi ratusan wisatawan asing yang menghabiskan waktu hingga beberapa pekan bahkan bulan tinggal di sana. Keindahan alam dan ombak yang menantang memang sangat menarik untuk dikunjungi oleh para peselancar.

Baca Juga:  Menikmati Heningnya Malam di Pantai Kura-Kura

 Selain berselancar, Anda dapat berenang di lepas pantai, t etap harus berhati-hati mengingat ombaknya cukup garang. Anda juga harus mewaspadai batu karang yang banyak terdapat di sekitaran pantai. Biru kristalnya air laut disini juga sangat pas untuk melakukan diving atau snorkeling. (ensiklopediaindonesia.com)

Tinggalkan Komentar