Gohu Ikan, Sashimi Indonesia dari Ternate

0
95

Indonesia memang terkenal dengan keragaman kulinernya yang sangat beragam, tak hanya bahan-bahan makanannya saja yang sangat bervariasi, cara memasaknya pun tak kalah uni. Anda bisa menemukan berbagai makanan Indonesia dengan berbagai pengolahan, dari yang dimasak hingga matang, ataupun tidak dimasak.

Kebanyakan masakan khas Indonesia yang tidak dimasak terlebih dahulu adalah masakn yang menjadikan sayuran sebagai bahan utamanya, dan sangat jarang masakan yang dibuat dari ikan atau daging mentah. Namun jika Anda berkunjung ke Ternate, Anda akan merasakan pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

Pernah mendengar ‘sashimi’? Sashimi merupakan masakan khas Jepang yang berasal dari Ikan/hewan laut lainnya yang dinikmati mentah hanya diberi beberapa bumbu penyedap seperti kecap asin atau wasabi. Nah jika Jepang memiliki Sashimi, maka Indonesia memiliki Gohu Ikan yang berasal dari Ternate.

Saat di Ternate, Anda harus menyebut lengkap ‘Gohu Ikan’, karena jika hanya disebutkan Gohu, maka bukannya masakan sedap hasil olahan ikan, namun Anada malah akan dihidangkan asinan.

Gohu ikan khas Ternate dibuat dari ikan tuna atau ikan cakalang yang dibuang kulitnya dan dipotong. Bumbu yang digunakan sebagai campuran gohu ikan sangat mudah. Anda cukup menyediakan garam, lemon cui, dan balakama (kemangi). Setelah ikan dipotong dadu, semua bahan tersebut dicampurkan menjadi satu. Asam dari lemon tersebut akan mematangkan ikan dengan sendirinya dan membuatnya tidak amis.

Sementara ikan didiamkan, anda bisa menumis irisan bawang merah dan cabe merah dengan minyak kelapa panas. Setelah matang langsung siramkan pada ikan. Jika Anda menggunakan cakalang, maka potongan ikan akan memutih saat disiramkan minyak panas. Jangan lupa juga, taburi kacang tanah goreng sebagai pelengkapnya. Rasanya? Jangan ditanya! Asam, pedas, dan segar akan langsung menyeruak dalam mulut. Berani mencoba? (Hikari/ensiklopediaindonesia) (foto: cintaresep)

Tinggalkan Komentar