Lawa Bale, Kuliner Ikan Mentah Khas Suku Bugis

0
228

Masih tentang kuliner dari ikan mentah khas Indonesia. Kalau sebelumnya ada Naniura dari Batak, Gohu Ikan dari Ternate, maka sekarang ada Lawa Bale dari Polewali, Sulawesi Barat.

Tidak berbeda dari ke dua saudaranya, Lawa Bale juga merupakan kuliner yang dibuat dari ikan mentah yang dicampuri bumbu-bumbu. Namun Lawa Bale sedikit lebih unik. Jika naniura dan gohu ikan dibuat dari ikan yang memiliki ukuran cukup besar, maka Lawa Bale hanya ikan kecil tertentu saja yang bisa disulap menjadi Lawa Bale seperti Ikan teri, ikan jambu-jambu, dan ikan banjar.

Ada dua bumbu yang wajib diampurkan dalam mengolah ikan mentah di Indonesia, yaitu air lemon atau jeruk nipis dan garam. Maka tak berbeda pula dengan Lawa Bale. Dua bumbu ini menjadi hal wajib dalam mengolah Lawa Bale.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Lawa Bale cukup sederhan, selain air lemon dan garam, tambahkan juga kelapa setengah tua yang diparut.

Cara membuatnya pun cukup mudah, ikan yang akan diolah di cuci bersih dan dibuang tulang-tulangnya, lalu bumbui dengan air lemon/jeruk nipis dan garam, diamkan sekitar 15 menit. Setelah campurkan kelapa parut dan aduk rata bersama ikan.

Bagi warga Polewali, Lawa Bale merupakan makanan sehari-hari disana. Tak hanya cara membuatnya yang sangat mudah, namun Lawa Bale juga dipercaya memiliki khasiat yang bisa meningkatkan vitalitas tubuh. (Hikari/ensiklopediaindonesia) (foto: ahmadmushofihasan)

Baca Juga:  Gohu Ikan, Sashimi Indonesia dari Ternate

Tinggalkan Komentar