Pantai Santolo, Yang Unik Dari Garut

0
31

Keindahan alam di Jawa Barat memang terkenal dengan keindahannya yang tak biasa. Tak hanya gunung, curug, bahkan candi, tapi Garut juga mempunyai panorama pantai yang sayang sekali untuk dilewatkan.

Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang lembut dan memanjang dari barat ke timur. Di sana terdapat tempat berlabuh dan berkumpulnya para nelayan tradisional. Pantai Santolo berdekatan dengan tempat peluncuran roket yang merupakan bagian dari institusi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Dari pusat kota Garut, wisatawan harus menempuh ke arah selatan kota Garut sejauh 88 km atau sekitar 3,5 jam perjalanan. Meskipun perjalanannya cukup jauh dan berkelok-kelok, wisatawan akan disuguhi pemandangan yang sangat indah di sepanjang perjalanan, seperti sawah yang sungguh memanjakan mata.

Pantai yang terletak di Desa Cikelet, Pamengpeuk, Garut ini memiliki keunikan tersendiri, dengan menyeberang perahu dari bibir pantai kita akan menemukan pemandangan yang menakjubkan di Pantai Santolo, salah satunya adalah Muara Cilauteureun.

Dinamakan Cilauteureun karena air di muara begitu tenang seolah-olah berhenti. Dalam bahasa Sunda, Cilauteureun berarti air laut yang berhenti. Yang membuatnya unik adalah karena air di muara ini mengalir dari laut ke sungai, bukan sebaliknya.

Air laut yang berwarna biru kehijauan dan jajaran batu yang membelah pantai cukup memanjakan mata juga tak kalah menarik dengan pemandangan pautihnya pasir pantai. Pemandangan laut saat sunset yang disuguhkan bisa menjadi spot yang indah dan romantis dan menjadi spot yang indah untuk diabadikan dalam frame anda (Hikari/ensiklopediaindonesia) (foto: margatour)

Baca Juga:  Berlibur di Pedesaan ala Kampung Sampireun, Garut - Jawa Barat

Tinggalkan Komentar