Air Terjun Guruh Gemurai, Riau

0
239

Riau dikenal sebagai salah satu daerah yang cukup metropolitan di Pulau Sumatra, namun meski begitu, tak berarti disana tidak ada wisata alam yang patut untuk dikunjungi. Salah satu wisata alam yang ada di Provinsi Riau adalah Air Terjun Guruh Gemurai. Air terjun yang terletak di kabupaten Kuantan Singingi ini memiliki makna tersendiri di balik namanya. Guruh yang berarti suara air terjun yang terdengar bergemuruh, dan gemurai yang berarti gemercik air.

Air terjun guruh gemurai memiliki ketinggian sekitar 20 meter, dengan bebatuan yang berada di aliran utamanya, Anda pun bisa mendengar gemiricik air meski dari kejauhan. Suasannya yang masih asri dan hijau bisa menjadi solusi untuk melepas penat Anda dengan padatnya Riau. Kawasannya yang masih terjaga kealamiannya menjadikan tempat ini menjadi primadona bagi warga Riau yang ingin mendapat suasana baru dalam hari-hari mereka.

Air terjun Guruh gemurai terletak sekitar 25 KM sebelah barat daya Teluk Kuantan, ibu Kota Kabupaten Kuantan Singing (Kuansing) ke arah Kiliran Jao (perbatasan Propinsi Sumbar-Riau). Untuk menuju kesini tidaklah sulit, Anda  bisa menggunakan transportasi umum ke arah Kiliran Jao, yaitu perbatasan antara Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Riau. Sampai di Pasar Tradisional Lubuk Jambi, ambil kiri, sekitar 15 menit Anda akan disambut gerbang bertuliskan SELAMAT DATANG DI OBJEK WISATA AIR TERJUN GURUH GEMURAI.

Untuk biaya akomodasi masuk ke objek wisata ini, Anda hanya dipungut biaya 3000 rupiah untuk dewasa, dan 1000 rupiah untuk anak-anak. Fasilitas yang tersedia sudah cukup memadai seperti lahan parkir, panggung pentas terbuka, toilet, dan mushala. Bagi anda yang ingin bermalam di sekitar kawasan air terjun guruh gemurai, di sini juga terdapat beberapa hotel yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. (Hikari/ensiklopediaindonesia) (foto: detik)

Tinggalkan Komentar