Dataran Tinggi Gayo, Negeri Kopi Dari Aceh

0
82

Bukit Barisan merupakan dataran tinggi yang membentang dari ujung provinsi Lampung hingga ke Nangroe Aceh. Di ujung utara Pulau Sumatra ini, ada sebuah kawasan yang merupakan kawasan punggung Bukit Barisan yang berada diAceh Tengah, yaitu Dataran Tinggi Gayo.

Dataran Tinggi Gayo berdaa di atas ketinggian 1200 mdpl,. Selain dikenal sebagai kawasan punggung Bukit Barisan, Dataran Tinggi Gayo juga dikenal sebagai negeri kopi. Tak heran disebut sebagai negeri kopi, karena disini terdapat perkebunan kopi Arabika seluas 95.250 ha yang diusahakan oleh 66.101 kepala keluarga petani. Bahkan Dataran Tinggi Gayo dikenal sebagai kawasan penghasil kopi Arabika terbesar di Asia.

Saat Anda mengunjungi Dataran Tinggi Gayo, aroma kopi akan segera menyerbak di seluruh dataran ini. Pastinya sangat menyenangkan bukan, apalagi jika anda seorang pecinta kopi. Bisa menikmati udara segar dengan aroma kopi sekaligusĀ  bisa melihat proses penanaman kopi mulai dari pembibitan sampai penyeduhannya.

Dataran Tinggi Gayo memiliki lembah, ngarai dan kaya akan pesona alam. Bagi para pecinta olahraga sepeda gunung, struktur alam di Dataran Tinggi Gayo sering menjadi incaran bagi mereka pecinta hobi sepeda gunung. Tak hanya itu, disini juga terdapat danau laut tawar yang membentang seluas Ā± 5.817 ha. Tidak seperti air laut yang asin, danau ini memiliki rasa tawar.

Dataran Tinggi Gayo berjarak sekitar 315 km dari Banda Aceh. Untuk kesini Anda butuh waktu kurang lebih 6 jam dari Banda Aceh dengan kendaraan roda empat. (Hikari/esniklopediaindonesia)

Baca Juga:  Tari Saman, Keselarasan dari Daratan Aceh

Tinggalkan Komentar