Icip-icip Bakmi Legenda di Yogyakarta

0
1976
Photo By @andy_oei

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Ngobrolin tentang kulineran di Jogja, apa sih yang terlintas di pikiran Anda? Gudeg? Jelas iya, anak SD pun pastinya tau kalau Jogja itu terkenal dengan dengan makanan yang diolah dari nangka muda ini. Tapi kalau Anda jauh-jauh datang ke Jogja hanya ingin menikmati Gudeg, anda rugi besar lho. Jogja tak hanya Gudeg melulu. Satu kuliner yang juga paling diburu di Jogja adalah Bakmi Jawa. Dari sekian banyak tempat makan bakmi yang ada di Jogja, ada 5 diantaranya yang recommended  karena tak hanya rasanya saja yang lezat, tapi juga ke’legendarisan’ mereka. Berikut kelima bakmi tersebut.

1. Bakmi Jawa Kadin

Berdiri sejak tahun 1947 membuat warung bakmi ini udah banyak pantas diberi gelar legendaris. Umurnya yang sudah cukup tua membuat bakmi jawa Kadin mempunyai banyak fans, dari yang tua sampai yang muda, jadi tak heran kalau warung ini selalu penuh sesak.. Harga bakmi per porsi mulai dari Rp.17.000, untuk porsi istimewa dibanderol dengan harga Rp.20.000. Bakmi Kadin ini terletak di Jl. Bintaran Kulon no.3 dan 6 Yogyakarta dan mulai buka pukul 17.00-23.00.

Photo By @pebriatmadja

2. Bakmi Jawa Mbah Hadi

Warung bakmi yang terletak di Jl. C Simanjuntak dekat Pom Bensin Terban ini sudah eksis sejak tahun 1995. Yang membuat bakmi disini istimewa karena cara memasaknya yang masih menggunakan anglo, sehingga rasanya bakminya terasa lebih nikmat. Selain cara memasaknya yang masih tradisional, letak kelezatan bakmi mbah Hadi ini juga terletak pada resep rahasia yang diwariskan secara turun temurun.

Photo By @firani

3. Bakmi Jawa Pak Rebo

Keberadaan warung ini sangat mudah kita temui karena terletak di pusat kota Yogyakarta. Beralamatkan di Jl. Brigjend Katamso, Jogja atau tepatnya selatan Purawisata. Bakmi Pak Rebo juga masih menggunakan anglo untuk memasaknya, meski memasaknya menjadi lebih lama, namun hal ini tidak menyurutkan niat para pembeli untuk mengantri. Salah satu rahasia guruhnya Bakmi disini adalah penggunaan telor bebek pada bakminya.

Baca Juga:  Menikmati Jogja Dari Ketinggian
Photo By @thisismsayu

4. Bakmi Jawa Mbah Mo

Meskipun warung bakmi ini terletak agak jauh dari pusat kota Jogja, tepatnya di Jl. Parangtritis barat perempatan Manding Kab. Bantul Yogyakarta, tak menghalangi para pelanggannya untuk datang dan menikmati Bakmi Jawa khas Mbah Mo ini. Bahkan saat anda kesini, minimal anda harus rela mengantri antara 30 menit-1 jam-an. Bisa terbayang bagaimana ramainya warung bakmi ini kan?

Photo By @ivanrmaulana

5. Bakmi Jawa Pak Pele

Photo By @jogja.candu

Sedang main di Alun-alun utara? Yuk mampir ke salah satu bakmi legendaris di Yogayakarta, tepatnya di Timur Pagelaran Kraton. Letak Bakmi Pele hanya beberapa meter dari Kraton Ngayogyakarto Hadiningrat. Warung bakmi ini terlihat seperti tempat makan kaki lima pada umumnya, dengan tenda terpal dan spanduk sederhana. Bakmi Pak Pele menempati areal paving block yang lumayan luas sehingga bisa menggelar banyak tikar besar yang sangat nyaman untuk duduk lesehan. Selain memakai jeroan ayam sebgaai campurannya, yang membuat bakmi Pak Pele berbeda dari lainnya adalah penggunaan mie-nya yang lebih tebaldan lebih besar dari mie kuning biasanya. Jadi saat anda mampir ke areal alun-alun utara, jangan sampai nggak cicip bakmi Pele ya.

Tinggalkan Komentar