Ayam Cincane, Gurihnya Ayam Bakar Khas Samarinda

0
53

Anda penggemar kuliner olahan ayam? Kalau iya, anda wajib mencicipi kuliner khas daratan Kalimantan ini, Ayam Cincane.Kalau Lombok punya Ayam Taliwang, Bali punya Ayam Betutu sebagai menu andalannya, giliran Samarinda punya Ayam Cincane.

Selain bisa ditemukan di warung-warung makan di Samarinda, anda bisa menemukan Ayam Cincane di acara-acara khusus yang diadakan di Samarinda, karena biasanya kuliner ini dijadikan hidangan utama ketika masyarakat Samarinda menyelenggarakan pesta pernikahan atau acara menyambut tamu kehormatan. Daging ayam berbumbu merah ini menjadi sajian khas kuliner dari Samarinda.

Untuk pemilihan daging ayam sendiri, Ayam Cincane menggunakan dagng ayam kampung karena ayam kampung dikenal mempunyai daging yang lebih gurih dibanding ayam potong biasa. Gurihnya ayam Cincane akan semakin terasa ketika diolah dengan bumbu merah Cincane.

Biasanya ayam Cincane dihidangkan bersama nasi putih hangat. Sebagai pelengkap hidangan, menu ini dihidangkan bersama dengan sambal yang terbuat dari cabe merah, cabe rawit, tomat merah, serta garam. Untuk menambah kenikmatan rasa, di dalam sambal itu juga diberi sedikit perasan air jeruk nipis.

Untuk membuatnya sendiri cukup mudah, bahan-bahan yang dibutuhkan tentu saja ayama kampung. Untuk bumbu cincanenya ada bawang putih, bawang merah, santan, terasi, cabe, jahe, lengkuas, daun salam, air jeruk nipis, serai, garam, dan gula merah.

Cara pembuatannya, pertama rebus ayam terlebih dahulu, lalu haluskan semua bumbu, kecuali, sere, lengkuas, daun salam, jahe. Panaskan minyak masukkan bumbu halus dan pelengkap tumis sampai harum. Masukkan ayam, aduk sampai berubah warna. Tuang santan masak sampi bumbu meresap dan santan mengering. Angkat dan sisihkan. Terakhir bakar ayam sambil sesekali olesi sisa bumbu sampai kecokelatan dan matang. Sajikan panas-panas. Selamat mencoba. (Hikari/ensiklopediaindonesia.com)

Tinggalkan Komentar