Lempah Kuning, Lauk Khas Bangka

0
45

Daerah selatan di Pulau Sumatera memang sangat terkenal dengan berbagai olahan ikannya. Sebut saja Palembang, Sumatera Selatan. Semuanya pasti tau kalau makanan terpopuler se-Palembang, Pempek, terbuat dari olahan ikan tenggiri. Begitu juga dengan kepulauan Bangka yang letaknya tak jauh dari Sumatera Selatan. Bangka yang terkenal dengan timahnya itu punya makanan andalan yang tentu saja diolah dari ikan juga, namanya Lempah Ikan.

Pada dasarnya, kata ‘lempah’ merupakan sebutan untuk sebuah masakan di Bangka. Karena itu, makanan ini dinamakan lempah kuning karena memang berwarna kuning. Sekilas, lempah kuning mirip dengan pindang khas Sumatera Selatan. Bedanya lempah kuning ini berwarna kuning dan ada aroma belacan (sambal terasi khas Bangka Selatan). Untuk ikannya sendiri, yang sering digunakan adalah ikan tenggiri atau ikan kakap. Tapi jika mau, bisa juga diganti dengan cumi atau bahkan daging sapi dan ayam.

Lempah kuning tak hanya bisa diolah dari ikan saja, masyarakat Bangka juga biasa memasak lempah darat atau lempah sayur. Sayuran yang bisa digunakan antara lain talas, kangkung, kacang panjang dan ubi kuning. Biasanya kuah pada lempah darat lebih pekat dan kadang dicampur dengan santan.

Rasanya? Jangan mengira bagaimana lezatnya. Kuah ikan yang segar yang dicampur air asem dan nanas ini akan segera menyergap indra pengecap anda. Terlebih dengan rasa pedas yang menggigit, dan aroma harum dari berbagai rempah. Tak lupa secap rasa dari belacannya…benar-benar menggoda!

Baca Juga:  Nasi Lengko, Super Simple Super Delicious Culinary from Cirebon

Tinggalkan Komentar