Jenang Kudus, Manis Legitnya Kota Kudus

0
44

kalau kita akan bertandang ke Kudus, pasti akan dimintai oleh teman-teman maupun keluarga untuk membawakan jenang kudus. Kota kretek ini memang sangat terkenal dengan jenangnya. Makanan bertekstur kenyal dengan rasa yang sangat manis, biasanya disajikan dalam potongan kecil-kecil yang dibungkus plastik lalu dikemas dalam sebuah dus kecil.

Jenang Kudus hampir mirip dengan Dodol Garut. Bedanya kalau Dodol Garut berwarna-warni tergantung dengan rasanya, tapi kalau Jenang Kudus, meski mempunyai berbagai rasa, tetap mempertahankan warna aslinya. Rasa yang ditawarkan cukup beragam, ada durian, mocca, capuccino, nangka, coklat, dan susu.

Belum lengkap kalau ke Kudus tidak mampir pusat oleh-oleh dan membeli oleh-oleh khas kota kretek ini. Ada ratusan tempat-tempat pembuatan jenang kudus, salah satu yang paling terkenal adalah Jenang Kudus Mubarok. Tapi kalau anda ingin mencoba membuat jenang kudus anda sendiri juga bisa. Selain bahan-bahan yang mudah didaptkan, proses pembuatannya juga cukup simple meski membutuhkan ketelatenan karena memakan waktu yang cukup lama.

Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain tepung beras, tepung ketan, gula merah, wijen, gula pasir, dan santan kelapa. Cara membuatnya, campur tepung beras dan tepung ketan, aduk dengan santan hingga rata. Masukkan gula merah, gula pasir yang sudah dicairkan dan wijen. Masak adonan hingga kental (dengan cara mengaduk aduk terus menerus) dan bisa dibentuk cetakan sesuai selera.  Dinginkan, potong-potong. Selain mendapatkan jenang manis, anda juga akan mendapatkan tubuh yang sehat karena membuat Jenang kudus membutuhkan energi ekstra, hitung-hitung bisa sekalian olahraga. Selama mencoba! (foto: kratonpedia)

Baca Juga:  Es Selendang Mayang, Segarnya Betawi Jadul

Tinggalkan Komentar