Alergi Susu? Dapatkan Asupan Kalsium Dari Sayuran-sayuran Ini

0
33

Susu sangat baik untuk pertumbuhan tubuh dan penguatan tulang karena kalsium yang dikandungnya. Namun sayangnya tak jarang oran yang tidak suka susu atau alergi dengan susu sapi. Untuk tetap mendapatkan asupan kalsium yang dibutuhkan tubuh, ada banyak makanan kaya kalsium yang bisa menggantikan posisi susu, kebanyakan adalah sayuran hijau, seperti misalnya yang berikut ini

Brokoli

Ada sekitar 86 miligram kalsium dalam 2 mangkuk brokoli. Brokoli lebih baik dikonsumsi mentah dibanding direbus atau ditumis. Anda bisa mencuci bersih dan menjadikan brokoli jus, lalu diminum begitu saja. Selain kalsium, sayuran ini juga memiliki banyak antioksidan berupa vitamin C dan dapat menurunkan risiko kanker, termasuk kanker usus besar dan kandung kemih.

Bok Choy

Sayur hijau memiliki sekitar 74 miligram kalsium dalam 1 mangkuk penuh bok coy. Anda bisa menumis sebentar atau menjadikan bok coy sebagai sup sehat. Bukan hanya murah meriah, sayur ini kaya vitamin A, vitamin C, dan kalium.

Edamame atau kedelai hijau

Jika Anda penggemar kedelai, maka tahu dan tempe serta edamame Jepang akan sangat baik menggantikan susu sapi. Ada sekitar 434 miligram kalsium dalam setengah gelas susu atau sari kedelai. Kedelai juga sumber protein nabati yang sangat baik. Susu kedelai juga sering dijadikan susu pengganti bagi anak-anak yang alergi susu sapi.

Sawi hijau

Sawi hijau memiliki kalsium yang sangat banyak, sekitar 268 miligram per mangkuk dalam keadaan matang. Nah, ini sangat baik dikonsumsi setiap hari. Bukan hanya kalsium, tapi juga kaya antioksidan. (berbagai sumber)

Baca Juga:  Kebiasaan Buruk Saat Bangun Pagi yang Membuat Tidak Bersemangat

Tinggalkan Komentar