Alasan Kenapa Harus Makan Malam Lebih Awal

0
80

Terbiasa ngemil atau makan malam di atas jam 9 malam? Maka anda disarankan untuk mulai menguranginya sekarang. Bagi anda yang sedang menjalankan program diet, hal tersebut bisa menjadi penyebab utama gagalnya diet anda. Ini adalah kebiasaan buruk yang bukan hanya memengaruhi kesehatan tapi juga berat badan.
Ada beberapa alasan mengapa Anda tidak boleh makan malam lebih dari jam 9 malam, alasan itu adalah
Berat badan
Pada pagi hari atau siang hari, anda disarankan mengonsumsi makanan dengan asupan kalori yang mencukupi sebagai sumber anda untuk melakukan aktivitas harian. Kalori yang masuk akan sebanding dengan aktivias yang dilakukan sehingga tidak ada kesempatan bagi kalori untuk menumpuk menjadi lemak dalam tubuh. Berbeda saat malam hari, tidur memang membutuhkan energi, namun tidak sebanyak yang diperlukan saat pagi atau siang hari. Makan malam yang terlalu malam justru akan membuat tubuh gemuk karena kalori akan ditumpuk menjadi dan tidak digunakan dengan semestinya. Jadi, batasi makan malam hingga jam 7 malam saja.
Kesehatan pencernaan
Jika Anda makan terlalu malam, tidak baik untuk pencernaan karena Anda akan kesulitan bernafas saat akan tidur. Ini karena perut yang penuh akan menekan bagian diafragma, ruangan yang seharusnya bisa dimaksimalkan untuk bernafas saat Anda tidur. Jika Anda makan terlalu malam, perut bisa kembung dan membuat tidur Anda kurang nyaman.
Tidur
Secara biologis, tubuh membutuhkan waktu 2 jam untuk memproses makanan dan hal ini akan menyulitkan ketika Anda akan tidur. Jadi jika ingin tidur nyenyak tanpa terganggu dengan perut terlalu kenyang dan penuh, sebaiknya batasi makan malam maksimal hingga jam 7 malam. Dengan begini, waktu tidur Anda bisa lebih nyenyak.
Nah, itu dia 3 alasan penting mengapa sebaiknya Anda tidak boleh makan lebih dari jam 7, Ladies. Ingin tidur nyenyak dan tidak gemuk? Jangan makan malam terlalu malam mulai sekarang.

Tinggalkan Komentar