Manfaat Gula Merah Untuk Kesehatan

0
47
Foto : doktersehat.com

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Gula merah dikenal sebagai gula yang memiliki rasa khas. Biasanya Gula merah digunakan pada masakan jawa untuk pemanis alami, isian kue tradisional atau lainnya. Tidak hanya itu saja, gula merah juga dikenal sebagai salah satu gula yang memiliki segudang manfaat mengagumkan untuk kesehatan tubuh.

Beberapa study menyebutkan bahwa di dalam gula merah mengandung vitamin C, kalium, fosfor, magnesium, kalsium, seng, zat besi, tembaga, beberapa fitonutrien, polifenol, falvonoid dan Anthocyanidin. Bukan hanya itu hanya, gula merah juga dipercaya mengandung sejumlah nutrisi lain berupa vitamin B inositol yang mampu bantu menenangkan perasaan dan membuat tubuh lebih kuat serta berstamina. Inilah beberapa manfaat gula merah untuk kesehatan.

5 Manfaat Gula Merah :

1. Mencegah Anemia

Manfaat gula merah selanjutnya adalah sebagai sumber zat besi yang baik, gula merah sangat dipercaya mampu mengatasi masalah kurang darah ataupun anemia. mengkonsumsi gula merah setidaknya 1 gram setiap hari bisa menyehatkan tubuh dan menjauhkan dari anemia.

2. Mencegah dan Mengobati Jerawat

Punya masalah jerawat yang sukar untuk di atasi? Cobalah memanfaatkan gula merah sebagai masker ataupun mengkonsumsinya secara teratur setiap hari. Beberapa nutrisi yang terkandung pada gula merah sangat dipercaya mampu mengatasi dan mencegah munculnya jerawat di wajah ataupun tubuh.

Manfaat-Gula-Merah-Bagi-Kecantikan-Wajah
sumber : areakesehatan.com

3. Meredakan Nyeri Saat Menstruasi

Nyeri saat datang bulan sering kali dialami oleh banyak wanita. Untuk meredakan nyeri ini, Anda bisa memanfaatkan gula merah. Makan sedikit gula merah utuh lalu istirahatlah. Perlahan, nyeri karena menstruasi akan berkurang. Agar nyeri lebih cepat reda, Anda bisa membuat ramuan dari gula merah dan kunyit. Cukup parut kunyit , peras dan campur dengan satu gelas air. Masak air bersama 20 gram gula merah hingga mendidih. Tunggu pati kunyit mengendap lalu minum ramuan kunyit ini.

Baca Juga:  Segudang Manfaat Dibalik Air Tajin

4. Mencegah Asma

Yang keempat, manfaat gula merah adalah mencegah asma. Beberapa study menyarankan agar penderita asma mengkonsumsi gula merah alami untuk mengatasi sakitnya. Sifat anti alergi yang ada pada gula merah menjadi salah satu alasan kenapa gula tradisional ini dikatakan bisa mencegah bahkan menyembuhkan penyakit asma.

5. Mengatasi Masalah Pencernaan

Manfaat gula merah yang terakhir adalah mengatasi masalah pencernaan. Tertarik memiliki sistem pencernaan yang sehat? cobalah ganti gula pasir. pada minuman sehari-hari Anda dengan gula merah. Cara ini akan membantu Anda dapatkan sistem pencernaan yang sehat serta terawat.

Tinggalkan Komentar