Cara Sederhana Melatih Otak Kanan

0
31

Otak merupakan bagian penting dalam tubuh manusia. Otak sendiri terbagi menjadi dari 2 bagian: Otak kiri yang digunakan berpikir analitis dan logis, sementara otak kanan lebih mendominasi ke hal-hal kreatif.

Perkembangan kedua otak ini sama-sama penting. Selama di sekolah, kita sudah terbiasa mengasah otak kiri melalui cara belajar yang kita lalui, lalu bagaimana cara kita melatih otak kanan? Ada beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan untuk mengasah otak kanan seperti berikut:

  1. Melatih tubuh menggunakan tangan kiri dalam melakukan kegiatan sehari-hari seperti menulis atau menggosok gigi
  2. Saat memutar lagu, jangan hanya asal mendengarkan. Coba resapi nada-nada yang terdengar dalam lagu/music tersebut.
  3. Mencoba membuat karya seni seperti menggambar atau membuat kerajinan tangan.
  4. Melakukan hal-hal yang berada di luar kebiasaan, atau melakukan hal dengan cara yang berbeda. Misalnya melewati jalan yang berbeda setiap kali akan berangkat sekolah atau kerja.
  5. Sesekali, biarkan dirimu tertawa menikmati acara-acara komedi. Selain melepaskan energi-energi negatif, tertawa juga membuat otak kurang sensitif terhadap hal negativ.
  6. Tak jarang, mengasah otak dengan menenangkan diri sendiri juga efektif. Cobalah untuk berjalan-jalan di pantai yang tenang, maupun dibawah rimbunnya pepohonan hutan. Biarkan dirimu merasa tenang dan biarkan pikiran-pikiran stres menghilang dari dirimu.
  7. Selain memupuk rasa empati, berinteraksi langsung dengan orang lain juga bisa mengasah ketajaman otak kanan.

Itulah beberapa hal yang meski sederhana, namun dapat mengasah otak kanan, dan kreativitasmu pun akan semakin terasah. Lakukan salah satu hal diatas setiap hari, dan cobalah untuk tetap konsisten. (berbagai sumber)

Baca Juga:  7 Manfaat Wedang Uwuh untuk Kesehatan Tubuh

Tinggalkan Komentar