Sehatkan Otakmu dengan Cara Sederhana Ini

0
111

Otak adalah salah satu organ tubuh yang bekerja mengendalikan diri manusia. Perannya sangat sentral bagi tubuh manusia sehingga terletak di tulang tempurung yang sangat kuat. Fungsi otak adalah untuk berpikir dan memerintah anggota tubuh yang lain seperti mulut, tangan atau kaki untuk bergerak. Begitu pentingnya sehingga semua hampir seluruh kegiatan anggota tubuh kita ini diperintah oleh otak. Selama ini kebanyakan orang fokus untuk menyehatkan tubuh saja, padahal otak juga perlu dijaga kesehatannya. Otak juga perlu istirahat sehingga jangan diforsir terus untuk bekerja terus. Kesehatan otak sangat perlu untuk dijaga mengingat jika ini sakit maka efeknya sangat besar bagi tubuh. Apa saja cara yang dapat menyehatkan otak?

Sehatkan otakmu dengan cara sederhana seperti berikut ini:

Berjalan kaki

Berjalan kaki sangat baik untuk menyehatkan otak. Dengan berjalan kaki selama 20 menit setiap hari, otak Anda akan mendapatkan tambahan nutrisi. Aktivitas fisik ringan seperti berjalan sangat baik untuk meningkatkan kinerja otak terutama pada pusat memori.

Berhenti khawatir

Sebuah studi dari University of Gothenburg di Swedia menyatakan, kekhawatiran yang ada dalam pikiran akan membuat otak bekerja dua kali lebih keras dan menimbulkan stres berkepanjangan di kemudian hari. Cobalah menikmati hidup dan berhenti mengkhawatirkan hidup Anda.

Olahraga

Tidak hanya menyehatkan tubuh, olahraga juga dapat menyehatkan otak. Ketika tubuh bugar dan sehat, jiwa Anda akan terdorong untuk lebih bersemangat lagi dalam beraktivitas. Ketika Anda rutin melakukan olahraga, dapat dipastikan memori otak Anda akan bekerja dengan lebih baik.

Bermain dengan alam

Berinteraksi dengan alam tak hanya menyehatkan raga saja tetapi juga menyehatkan jiwa, mem dan memberikan ketenangan pada pikiran. Sesekali luangkan waktu Anda untuk bermain atau sekadar mengunjungi alam bebas. Dengan demikian, hidup Anda akan terasa lebih baik dan terbebas dari stres atau depresi.

Sehatkan Otakmu dengan Cara Sederhana
sumber: portal-berita.com

Makan buah dan sayuran

Sejak kecil, anak-anak telah diperkenalkan pada sayur dan buah-buahan oleh orang tua mereka. Buah dan sayuran sangat baik bagi pertumbuhan dan kesehatan. Sayuran dan buah-buahan mengandung banyak vitamin dan zat-zat tertentu yang sangat baik bagi tubuh sehingga sangta baik dikonsumsi untuk segala jenis usia. Ketika tubuh sehat maka otak juga akan menerima banyak nutrisi dengan baik.

Mancampurkan kunyit pada makanan

Dari hasil studi dari Institute of Neuroscience and Medicine di Jerman, kunyit sangat baik untuk otak karena dapat mengurangi berbagai gangguan di otak. Zat-zat yang terdapat pada kunyit ternyata dapat menyegarkan sel induk pada otak. Campurkanlah sedikit kunyit pada setiap masakan Anda, dijamin hidup Anda akan lebih sehat.

Tertawa

Tertawa sangat baik untuk menyehatkan otak. Dengan tertawa, Anda dapat membuat pikiran menjadi lebih santai. Ketika pikiran kita santai, maka tubuh kita juga akan menjadi sehat. Selalulah tertawa agar hidup Anda akan menjadi lebih menyenangkan.

Tinggalkan Komentar