Manfaatnya Tidur Siang Bagi Kesehatan

0
36

Di Indonesia, tidur siang masih sering dikaitkan dengan pemalas. Sehingga tidur siang kurang popular di negara kita ini. Namun di negara Jepang atau China, tidur siang merupakan budaya yang masih diterapkan disana. Bahkan di beberapa perusahaan pun tidur siang juga diterapkan. Tidur siang pun disana seolah sudah menjadi kebutuhan. Nah, rasanya sudah saatnya kita mematahkan mitos tersebut karena sebenarnya tidur siang yang cukup mempunyai segudang manfaat, seperti berikut ini:

Meningkatkan kemampuan dan daya ingat otak

Sebuah penelitian membuktikan bahwa tidur siang selama 45 menit dapat meningkatkan daya ingat otak kita. Tidur siang yang sehat hendaknya dilakukan antara jam satu sampai jam tiga siang, dan tidak lebih dari dari 45 menit setiap harinya. Lebih dari itu, kepala Anda akan terasa berat saat bangun.

Membantu mengurangi dampak buruk stres

Tidur siang mampu menurunkan hormon kortisol yang berfungsi membantu respon tubuh pada saat stress. Jika tubuh kelebihan hormon tersebut, kekebalan tubuh akan berkurang dan Anda akan mudah terkena virus.

Meningkatkan produktivitas kerja

Porsi tidur yang kurang mengakibatkan menurunnya fungsi otak untuk berkonsentrasi pada saat bekerja. Tidur siang bisa mengganti jam tidur malam yang kurang.

tidur siang
sumber: caramenjagakesehatan.com

Meningkatkan kewaspadaan

Apabila Anda sedang melakukan perjalanan jauh dan menggunakan kendaraan pribadi. Ketika tubuh Anda sudah mulai merasa lelah dan mengantuk, cobalah tidur sejenak. Saat bangun, kewaspadaan Anda akan meningkat dan Anda siap melanjutkan perjalanan.

Meningkatkan semangat dan mood

Kelebihan hormon Neurotransmitter Serotonin, yang berfungsi sebagai pengatur suasana hati, tidur, dan selera, akibat kurang tidur, dapat menyebabkan kecemasan yang berlebihan, depresi, mudah marah. Anda juga menjadi tidak bersemangat dan tidak dapat berpikir positif.

Tinggalkan Komentar