Dampak Buruk Punya Kuku Panjang Bagi Kesehatan

0
91

Sebagian wanita senang memanjangkan kuku agar terlihat lebih feminin dan mudah untuk dibentuk maupun dihias. Tapi hati-hati, jika tidak benar memeliharanya, kuku panjang bisa menjadi sumber penyakit dan penyebab terjadinya gangguan kesehatan. Tentu saja kita tidak mau bukan niat untuk mempercantik diri malah berakibat buruk bagi kesehatan kita.

Menurut studi terbaru yang dilakukan Infectious Disease Society of America, kuku yang panjangnya melebihi tiga milimeter dari ujung jari berpotensi besar menyimpan bakteri dan jamur berbahaya. Kebanyakan orang saat mencuci tangan hanya fokus pada kulit tangan serta sela-sela jari, tapi jarang yang memperhatikan kuman-kuman di bawah kuku mereka.

Tangan itu memegang apa saja setiap hari

Mencuci tangan dengan benar sangatlah penting, karena tangan merupakan organ tubuh manusia yang paling sering melakukan kontak langsung dengan puluhan bahkan ratusan benda setiap harinya.

Selain pada tangan, kuman serta bakteri dari benda-benda yang disentuh juga menempel pada kuku terutama di bagian bawahnya. Kuku pun menjadi tempat potensial bagi kuman serta bakteri bersarang, menyebabkan berbagai penyakit mudah datang. Karena itu, para ahli kesehatan menganjurkan untuk menjaga kuku tetap pendek dan selalu bersih terawat. Ini sejumlah dampak negatif jika kuku panjang Anda tak terpelihara dengan baik.

kuku panjang
sumber: suara.com

Jika tetap ingi memanjangkan kuku, Anda perlu merawatnya agar selalu bersih dan tidak mudah patah. Jangan gunakan kuku untuk membuka benda-benda yang bisa membuat kuku patah atau terluka.  Pastikan juga Anda selalu memakai sarung tangan saat memasak, membersihkan perabotan rumah atau mencuci piring untuk mencegah kuman bersarang di bawah kuku. Selain itu, jika anda memiliki kebiasaan mengigiti kuku, sangat disarankan untuk menghentikannya. Kebiasaan menggigiti kuku. Selain bisa membuat jari terluka, kuman pada kuku juga bisa masuk ke tubuh. Kebiasaan ini memang perlu cukup waktu untuk menghilangkannya karena bagaimanapun juga yang namanya kebiasaan pasti akan susah dihilangkan. Kembali lagi ke masalah kuku yang panjang, maka sebisa mungkin rawatlah kuku yang kita pelihara. Karena memang tidak ada larangan dalam memanjangkan kuku, yang penting bisa merawatnya dengan baik .

Baca Juga:  Alasan Kenapa Tidur Dengan Lampu Menyala Kurang Baik Untuk Kesehatan

(berbagai sumber)

Tinggalkan Komentar