Segudang Manfaat Dibalik Air Tajin

0
74

Pernah dengar Air Tajin atau air rebusan beras? Wajar jika sekarang sudah jarang terdengar nama air tajin. Dulu, sebelum banyak susu formula bermunculan, air tajin menjadi pilihan terbaik bagi para ibu untuk menambah nutrisi bayi mereka. Air tajin atau air rebusan beras diambil untuk menambah nutrisi pada bayi karena mudah dicerna oleh pencernaan yang masih lemah atau digunakan untuk kecantikan kulit. Namun bukan hanya itu saja manfaatnya, air tajin juga bagus diminum orang dewasa lho. Air tajin memiliki beberapa manfaat kesehatan untuk tubuh, berikut diantaranya.

Beberapa manfaat dari mengkonsumsi air tajin

1. Menambah Energi

 Air beras atau tajin yang kental sangat baik dalam meningkatkan energi Anda, terutama ketika akan memulai aktivitas atau setelah kelelahan melakukan pekerjaan berat. Ini karena air tajin kaya karbohidrat yang menjadi bahan bakar utama untuk melakukan berbagai aktivitas.

2. Mengatasi Sembelit/Konstipasi

 Ketika Anda menderita sembelit, maka minum air tajin bisa meringankan deritanya. Ini karena air tajin yang hangat dan kental bisa membantu memecah zat sisa di dalam usus dan memudahkannya keluar. Minum air tajin juga meringankan sakit perut karena kembung.

air tajin
sumber: caraka-online.com

3. Mencegah Alzheimer

Bahkan air tajin juga bisa mencegah Alzheimer karena memiliki nutrisi yang baik bukan hanya untuk tubuh, namun juga untuk otak dan syaraf yang melingkupinya. Minum air tajin hangat di pagi hari untuk usia lanjut akan membantu mencegah terjadinya penurunan fungsi otak.

4. Mencegah Gastroenteritis

 Air tajin yang hangat juga bisa mencegah gastroenteritis karena mampu menetralkan asam lambung yang tinggi dan sangat mudah dicerna. Minum air tajin rutin setiap hari akan meredakan maag dan mengatasi masalah pencernaan.

Baca Juga:  Khasiat Kayu Manis Bagi Kesehatan

5. Mencegah Kanker

Secara mengejutkan, air tajin juga baik dalam mencegah kanker. Tidak seperti nasi yang terlalu kaya karbohidrat, air tajin merupakan sari-sari beras yang sangat baik untuk mencegah tubuh terserang penyakit. Akan lebih baik, jika tajin diambil dari beras merah. (berbagai sumber)

Jangan lupa diambil air tajinnya ya ketika sedang menanak nasi, karena sayang kalau airnya hilang menguap begitu saja.

Tinggalkan Komentar