Rileksasi Otak Dengan 7 Langkah Ini!

0
38

Sama seperti anggota tubuh lainnya, otak juga butuh istirahat. Kamu tidak bisa memaksanya untuk terus bekerja. Sast ini, banyak orang yang terlalu memaksakan otaknya untuk terus bekerja guna mengejar target, sehingga tak tingkat strees semakin bertambah. Cara ini tidak baik bagi otakmu yang di forsir untuk melakukan kehendakmu. Hindari terlalu memforsir otakmu untuk berpikir, terlebih berpikir telalu berat. Agar kamu tidak mengalami stress berat. Lalu bagaimana cara membuat otakmu beristirahat dengan nyaman untuk sementara waktu? Banyak cara simple yang kamu bisa lakukan untuk mengistirahatkan otak kamu.

Membuat otak lebih segar dengan cara mengistirahatkannya dari berbagai pekerjaan yang memberatkanmu untuk berpikir bisa kamu lakukan. Cara ini tentunya untuk memberi jeda otakmu agar bisa berpikir dengan baik. Berikut hal-hal simple yang bisa juga kamu lakukan.

Rileksasi Otak dengan 7 Langkah ini :

1.Istirahat cukup saat malam hari

Malam hari merupakan waktu terbaik untuk mengistirahatkan otak karena sejak pagi hingga sore, otak selalu menjalankan tugasnya pada segala rutinitas. Terlebih bagi aktivitas yang melibatkan otak.

2.Istirahatkan otak sesaat saat bekerja

Berikan jeda atau waktu istirahat sebentar untuk otak saat sedang bekerja. Mengistirahatkan otak selama beberapa menit sebelum melanjutkan pekerjaan kembali membantu otak tidak terlalu panas sehingga kamu pun tidak terlalu tertekan dalam melaksanakan aktivitasmu/

3.Liburan saat akhir pekan

Jadwalkan liburan saat akhir pekan bisa menjadi salah satu cara paling menyenangkan untuk mengistirahatkan otak. Setelah selama berhari-hari kamu dihadapkan oleh setumpuk aktivitas yang meguras otakmu, berikan ia istirahat saat akhir pekan. Liburan bisa hal yang menyenangkan dan menyegarkan bagi otakmu. Selain itu, tubuhmu juga ikut me-refresh energinya kembali.

Baca Juga:  Menikmati Jogja Dari Ketinggian

break
Sumber :blogs.itb.ac.id

 
4.Membaca buku-buku ringan

Membaca buku bertema ringan juga bisa merefresh otakmu. Banyak jenis buku dengan bacaan ringan sehingga otakmu tidak perlu berpikir keras untuk mencerna apa yang kamu baca. Datang ke perpustakaan atau main di toko buku bisa menjadi alternatif mengisi hari liburmu.

5.Mendengarkan musik berirama lembut

Ini dia tips paling mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengistiahatkan otakmu. Pilih musik atau lagu berirama lembut untuk merilekskan otakmu. Kamu juga bisa memilih suara-suara alam seperti rintik hujan. Sekarang sudah banyak musik atau instrument yang bisa kamu pilih.

6.Mengobrol dengan teman

Ternyata mengorbol dengan teman di sela-sela aktivitasmu bisa membantu merilekskan otakmu juga lho. Obrolan ringan serta canda tawa yang kamu lakukan saat bersama teman-temanmu bisa mengendurkan saraf-saraf yang teralu tegang saat kamu melakukan aktifitas yang memeras otakmu.

7.Meditasi

Meditasi bisa berarti mengosongkan pikiran dan beban yang ada dalam kepalamu. Posisikan tubuhmu serelaks mungkin, dengarkan suara-suara lembut yang ada di sekitarmu, atur nafasmu dalam-dalam, dan hembuskan secara perlahan. Hal ini juga sangat efektif untuk mengistittahatkan otakmu.

Tinggalkan Komentar