Tak Punya Waktu Olahraga? Lakukan 5 Kegiatan Ini!

0
39

Padatnya jadwal kuliah maupun pekerjaan sering membuat kita tak memiliki waktu untuk berolahraga. Padahal untuk menjaga kesehatan dan kebugaran kita, olahraga perlu dilakoni. Ketika berolahraga, tubuh lebih banyak melakukan gerakan sehingga mengeluarkan energi yang tidak dubutuhkan oleh tubuh. Oleh karenanya, olahraga perlu dilakukan setiap harinya meskipun hanya beberapa menit saja. Namun, bagi kamu yang tidak sempat melakukan olahraga, lebih tepatnya tidak sempat olahraga berat. Kamu bisa mengatasinya dengan berolahraga ringan. Jadi bagaimana caranya agar kamu tetap fit meski tidak berolahraga berat? Simak tips berikut, kegiatan-kegiatan sederhana ini ternyata bisa menggantikan sesi olahragamu ketika kamu tidak ada waktu olahraga. Kamu bisa melakukan beberapa kegiatan berikut sebagai pengganti olahraga yang tidak bisa kamu lakukan.

Tak Punya Waktu Olahraga, Lakukan 5 Kegiatan Ini : 

Banyak aktifitas yang membuat badan mengeluarkan keringat atau pergerakan itu termasuk berolahraga. Hal ini sering disepelekan. Padahal dengan melakukan beberapa kegiatan tersebut badan terasa lebih bugar dan sehat meski tidak berolahrag berat.

bersih-bersih
Sumber : niice.co

1.Beres-beres rumah

Jangan remehkan pekerjaan rumah ya, kamu tau, ternyata satu jam mengerjakan pekerjaan rumah seperti menyapu, mengepel, membersihkan kaca dan menata ruangan kemabli sudah bisa membakar 20 kalori kamu lho. Jadi saat kamu membersihkan rumah, tak hanya rumahmu menjadi bersih dan rapi, tapi badanmu juga akan lebih bugar!

2.Latih otot lenganmu dengan mencuci

Kamu terbiasa menggunakan jasa laundry untuk cucian kotormu? Simpan uangmu dan dapatkan lengan yang lebih berotot. Kegiatan sata mencuci pakaian seperti mengucek, menyikat, memeras, serta mengangkat air dalam ember bisa melatih kekuatan otott lenganmu juga lho. Uangmu utuh dan ototmu terlatih dengan baik, ide bagus bukan?

Baca Juga:  Fakta Mengenai Kayu Bajakah, Tanaman Belantara Hutan Penyembuh Kanker

3.Jalan kaki saat ke warung atau mini market terdekat

Berjalan kaki juga masuk dalam kategori olahraga. Setelah seharian kamu hanya duduk di kantor mengerjakan pekerjaanmu, saatnya memarkirkan kendaraanmu di garasi dan pergi ke warung dengan berjalan kaki. Jalan kakimu bisa lebih efektif jika kamu melakukannya dengan langkah yang lebih cepat seperi orang terburu-buru. Berjalan bisa menguatkan otot, membakar lemak di perut serta memperkuat tulang.

4.Simpan budgetmu untuk bbm, dapatkan tubuh yang lebih bugar dengan bersepeda

Bersepeda memang membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sampai ke tempat tujuanmu, tapi kamu bisa menyiasainya dnegan pergi lebih awal bukan. Dengan bersepeda, kamu bisa melatih otot paha, sekaligus membakar lemak di pinggul. Dengan bersepeda, kita juga ikut membantu mengurangi global warming di bumi lho. Dengan naik sepeda, kamuu juga bisa lebih cepat dari teman-temanmu dengan melalui jalan-jalan tikus, terlebih saat macet. Jadi siap untuk menyimpan kendaraanmu di garasi?

5.Matikan TV dan laptopmu, keluar dan temuilah teman-temanmu

Saat kita sudah dimanjakan dengan teknologi dan internet, rasanya kita sudah bisa memperoleh segala sesuatu hanya dengan duduk manis dan menggerakan satu dua jari. Padahal saat kita berinteraksi langsung dengan orang lain, banyak tenaga yang kita butuhkan lho. Otomatis kalori juga terbakar dan tidak menumpuk menjadi lemak bukan. 110 kalori akan terbakar saat kamu berbicara selama satu jam, sedangkan jika kamu tertawa 10 menit saja, kamu sudah membakar 40 kalori.

Tinggalkan Komentar