Taman Mini Indonesia Indah, Indonesia in Miniature

0
30

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan suatu kawasan taman wisata bertema budaya Indonesia di Jakarta Timur.  Dengan area seluas kurang lebih 150 hektar atau 1,5 kilometer persegi ini,  taman ini merupakan rangkuman kebudayaan bangsa Indonesia, yang mencakup berbagai aspek kehidupan sehari-hari masyarakat 26 provinsi Indonesia (pada tahun 1975) yang ditampilkan dalam anjungan daerah berarsitektur tradisional, seta menampilkan aneka busana, tarian dan tradisi daerah.
Untuk lebih mengekspresikan tentang Indonesia, di TMII juga terdapat 5 tempat peribadatan bagi 5 agama di Indonesia  yang hingga kini masih aktif digunakan. Disamping itu, di tengah-tengah TMII terdapat sebuah danau yang menggambarkan miniatur kepulauan Indonesia di tengahnya, kereta gantung, berbagai museum, dan Teater IMAX Keong Mas dan Teater Tanah Airku), dengan berbagai sarana rekreasi ini menjadikan TMIII sebagai salah satu kawasan wisata terkemuka di ibu kota.
Taman Mini lahir dari gagasan Ibu Siti Hartinah, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Ibu Tien Soeharto. Dengan adanya Taman Mini ini diharapkan dapat membangkitkan rasa bangga dan cinta terhadap tanah air Indonesia. TMII mulai dibagun pada tahun 1972 dan diresmikan 3 tahun kemudian, atau sekitar taun 1975 tepatnya pada tanggal 20 April.
Untuk para pengunjung yang tidak memiliki waktu banyak dan biaya yang memadai untuk menjelajahi budaya Indonesia, maka Taman Min bisa menjadi alternatif yang tepat. Taman Mini menghadirkan berbagai keragaman budaya Indonesia yang dapat menambah pengetahuan pengunjung sebagai seorang warga Indonesia. Dengan lanskap asli Taman Mini yang agak berbukit, justru menguntungkan para Tim Perancang untuk menciptakan Taman Mini, sesuai dengan bentang alam Indonesia. (Hikari/inloveindonesia.com)

Baca Juga:  Yuk, Lihat Hujan Meteor Perseid dan Delta Aquarid!

Tinggalkan Komentar