8 Destinasi Wisata Eksotis di Papua yang Wajib Dieksplor

0
32
destinasi wisata eksotis di Papua
Foto: wisatakita.id

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COMPapua merupakan bagian Indonesia paling timur yang memiliki banyak potensi alam dan wisata yang luar biasa. Mulai dari wisata pegunungan, laut, dan masih banyak lagi yang dapat membuat kita terpesona. Berikut 8 destinasi wisata eksotis di Papua yang patut Anda kunjungi.

1. Taman Nasional Cenderawasih

destinasi wisata eksotis di Papua
Foto: sportourism.id

Taman Nasional Cenderawasih ini merupakan kawasan konservasi laut yang terbesar dan terluas di Indonesia. Taman ini mempunyai luas 1.453.500 hektar dan 90 persen di antaranya terdiri dari perairan. Di sini terdapat 196 moluska dan 209 jenis ikan yang bisa Anda saksikan di alam bawah lautnya.
Taman nasional ini diresmikan pada tahun 1993 oleh Kementerian Kehutanan. Selain menikmati alam bawah lautnya, Anda juga dapat menjelajahi pulau-pulau yang berada di kawasan taman nasional ini. misalnya, seperti Pulau Mioswaar yang merupakan salah satu pulau yang memiliki gua dengan sumber air panas dengan kandungan belerang.

2. Raja Ampat

destinasi wisata eksotis di Papua
Foto: cekaja.com

Anda mungkin sudah sangat familiar dengan tempat wisata yang satu ini. Raja Ampat merupakan salah satu tempat wisata di Papua yang populer di tengah wisatawan domestik dan mancanegara. Kawasan Raja Ampat ini terdiri dari empat pulau besar yakni Misool, Waigeo, Salawati, dan Batanta, dan berbagai pulau kecil di sekitarnya.
Selain itu, Raja Ampat mempunyai biota laut yang beragam. Menurut laporan dari The Nature Conservacy, terdapat 75 persen spesies laut dunia ditemukan di perairan Raja Ampat ini. saat menyelam, Anda akan ditemani oleh sekitar 1.511 ikan dan penyu laut. Terdengar mengasyikkan, bukan?

3. Lembah Baliem

destinasi wisata eksotis di Papua
Foto: dream.co.id

Lembah Baliem terletak di sekitar Pegunungan Jayawijaya dan merupakan tempat tinggal suku Dani, Yali, dan Lani. Tempat ini berada pada ketinggian 1.600 meter di atas laut, sehingga membuat temperature Lembah Baliem mencapai 10 hingga 15 derajat Celcius saat malam hari.
Saat bulan Agustus, Lembah Baliem menjadi tempat wisata yang menarik banyak perhatian para wisatawan. Terdapat acara tahunan bertajuk Festival Lembah Baliem yang diselenggarakan selama tiga hari. Sebetulnya, festival ini merupakan upaya pemerintah dalam menghapuskan perang antar suku yang sering terjadi, dan menggantinya dengan pertunjukan seni dan budaya untuk mengundang wisatawan.

Baca Juga:  Air Terjun Guruh Gemurai, Riau

4. Pantai Bosnik

Foto: wartawisata.id

Sebelum mengunjungi tempat ini, ada baiknya Anda menyiapkan kamera terlebih dahulu karena keindahan pantai ini dijamin akan membuat Anda tidak bisa berhenti mengambil foto. Pantai Bosnik ini terletak 15 km dari pusat Kota Biak dan mempunyai hamparan pasir luas dengan air jernih kebiruan, serta deretan pohon kelapa yang membuat pemandangan pantai ini makin sempurna.
Pantai Bosnik ini bisa menjadi tempat yang cocok untuk bersantai bersama keluarga. Hanya dengan membayar 10 ribu rupiah, Anda sudah bisa menikmati keindahan pantai ini. Anda juga bisa menyewa saung yang diberi harga 50 ribu rupiah, serta menikmati es kelapa muda segar dan berbagai kuliner lokal.

5. Puncak Jayawijaya

Foto: arah.com

Puncak Jayawijaya merupakan salah satu dari tujuh puncak incaran pendaki gunung dari berbagai belahan dunia. Tempat wisata alam yang berlokasi di Taman Nasional Laurents ini memiliki panorama yang sangat indah dan memiliki puncak yang selalu tertutup oleh salju.

6. Desa Wisata Sauwandarek

Foto: medcom.id

Salah satu destinasi wisata eksotis di Papua lainnya adalah Desa Wisata Sauwandarek. Di tempat ini Anda bisa tinggal dengan masyarakat suku asli Papua yang tinggal di pesisir pantai. Desa ini masih berada di daerah Kabupaten Raja Ampat. Selain bisa tinggal dengan warga asli Papua, Anda juga bisa melakukan berbagai kegiatan yang menarik seperti snorkeling, memancing, dan berenang.

7. Danau Sentani

destinasi wisata eksotis di Papua
Foto: geo-media.blogspot.com

Danau Sentani merupakan danau yang paling terkenal di Papua. Di danau ini ada 21 pulau yang berada di ketinggian 75 meter. Anda dapat menikmati danau ini dengan berkeliling menyewa perahu, berenang, atau memancing.
Selain itu, Anda juga bisa berwisata kuliner dengan mengunjungi berbagai resto atau warung yang ada di sekitar danau. Di sini juga terdapat acara tahunan bernama Festival Danau Sentani yang biasanya dilaksanakan pada setiap bulan Juni.

Baca Juga:  Wisata Danau Kaco Jambi yang Menakjubkan

8. Pulau Rumberpon

Foto: triptus.com

Pulau ini berlokasi di Teluk Wondama atau 5 jam perjalanan menggunakan kapal dari Manokwari. Pulau Rumberpon ini memunyai pantai yang dinamai Pantai Pasir Panjang karena memang memiliki garis pantai yang sangat panjang sampai 6 km.
Di objek wisata ini, Anda bisa melakukan berbagai kegiatan andalan seperti snorkeling, menyelam, berenang, dan memancing. Anda juga bisa mencoba mengunjungi hutan bakau yang ada di sisi pesisir lain di pulau ini. Selain itu, Anda juga bisa pergi ke padang alang-alang untuk melihat burung rusa.
Itu dia ulasan mengenai 8 destinasi wisata eksotis di Papua yang wajib Anda eksplor saat mengunjungi Papua. Berbagai tempat wisata di atas menawarkan pemandangan yang sangat alami, dijamin bisa membuat liburan Anda berkesan dan makin menyenangkan.

Tinggalkan Komentar