7 Kuliner Khas Kalimantan Barat Paling Enak

0
35
kuliner khas kalimantan barat
Foto: pegipegi.com

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Dari sekian banyaknya kuliner khas Nusantara, kuliner khas kota mana saja yang sudah Anda coba? Satu kota atau satu daerah saja sudah memiliki banyak ragam kuliner, maka dari itulah kita patut berbangga terhadap kekayaan dan pesona Indonesia. Kali ini, akan dibahas kuliner khas Kalimantan Barat yang memiliki banyak ragam kuliner juga. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya.

1. Mie Kepiting Pontianak

kuliner khas kalimantan barat
Foto: kuliner.ilmci.com

Jika Anda sudah menonton film Aruna dan Lidahnya, Anda tentu tidak asing lagi dengan kuliner yang satu ini. Kuliner bakmie ini disandingkan dengan potongan kepiting dan topping lainnya seperti pangsit goreng, kecambah, ikan, udang, bakso, dan daging kepiting. Bisa dibilang, rasanya seperti seafood dalam sajian bakmi.

2. Mie Sagu

kuliner khas kalimantan barat
Foto: simomot.com

Sajian yang satu ini juga termasuk makanan khas Melayu yang ada di Pontianak. Mie sagu ini biasanya dijadikan makanan pendamping atau sarapan bagi warga Kalimantan Barat. Penyajiannya sendiri berupa mie yang disiram dengan kuah kaldu. Sedangkan mienya dibuat dari sagu yang diulen dan dipotong kecil panjang. Mie sagu ini memiliki tekstur yang lebih kenyal dibandingkan dengan mie biasa.

3. Bubur Pedas

kuliner khas kalimantan barat
Foto: sportourism.id

Salah satu kuliner khas Kalimantan Barat yang patut Anda coba adalah bubur pedas. Jika biasanya bubur dilengkapi dengan kecap manis, asin, atau sambal, namun bubur ini benar-benar terasa pedas. Sajian ini dibuat dari beras yang ditumbuk halus dan dioseng, lalu diisi dengan aneka jenis sayur seperti pakis, kangkung, daun kesum, dan lain sebagainya. Agar makin enak, bisa ditambahkan ikan goreng teri dan kacang.

4. Pengkang

Foto: gamalfebri.blogspot.com

Pengkang merupakan camilan khas Kalimantan Barat. Walau berbentuk camilan, namun makanan ini cukup mengenyangkan karena dibuat dari beras ketan. Biasanya, pengkang ini disajikan dari olahan santan dan dibungkus menggunakan daun pisang, lalu, diisikan dengan ebi dan dibakar. Aroma daun pisang yang harum membuat makanan yang satu ini semakin enak.

Baca Juga:  Ayam Betutu, Hidangan Ayam Spesial dari Pulau Bali

5. Ale Ale

Foto: borneochannel.com

Bagi Anda yang menyukai kerang, Anda wajib mencicipi makanan yang satu ini. Ale-ale merupakan sajian kerang yang memiliki rasa yang begitu nikmat dan unik. Kerang yang dimasak pada sajian ini adalah sejenis kerang dengan cangkang kulit yang keras dan licin, dengan isi yang berwarna putih bening. Kerang jenis ini hanya Anda temukan di Kota Ketapang. Lebih nikmat lagi, jika sajian ini disantap dengan nasi panas dan saos kecap.

6. Chai Kwe

Foto: kooliner.com

Anda pasti sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini. Chai Kwe atau Choipan merupakan makanan khas China yang populer di Pontianak. Chai Kwe atau Choipan ini berisikan sayuran dan disajikan dalam bentuk kue. Isiannya sendiri berupa talas, bengkoang, lalu dicampur dengan ebi dan kucai yang diiris. Kulitnya sendiri dibuat dari tepung beras dan tepung sagu, sehingga memiliki tekstur yang licin dan kenyal.

7. Lempok Durian

Foto: glitzmedia.com

Pontianak dikenal dengan buah durian yang melimpah. Nah, salah satu makanan khas Kalimantan Barat yang dibuat dari buah durian adalah Lempok Durian. Dari luar, tampilan makanan ini mirip dengan dodol dan bertekstur kenyal. Bedanya, lempok durian ini tidak menggunakan bahan campuran tepung ketan.
Lempok durian ini dibuat dari 100 persen buah durian. Jadi, tidak heran jika cita rasa dan aroma duriannya begitu menyeruak di mulut. Bagi Anda yang menyukai durian, wajib mencicipi kuliner ini saat berkunjung ke Kalimantan Barat.
Nah, itu dia ulasan mengenai 7 kuliner khas Kalimantan Barat paling enak yang patut Anda coba. Jadi, kuliner mana nih yang jadi favorit Anda?

Tinggalkan Komentar