Cara Cepat Mengerjakan Skripsi

0
39
Foto: unjkita.com

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Setelah menyelesaikan kuliah teori, program KKN, dan magang, tibalah saatnya seorang mahasiswa harus mengerjakan sebuah tugas suci bernama skripsi. Bagi mahasiswa tingkat akhir, skripsi bisa menjadi hal yang sangat sulit. Padahal, ada beberapa cara agar skripsi Anda cepat selesai. Berikut ulasan mengenai cara cepat mengerjakan skripsi yang bisa Anda terapkan.

1. Sebelum Mengajukan Tema, Carilah Referensi yang Memadai

Foto: selebx.com

Saat Anda sudah menemukan tema yang tepat, segeralah mencari sumber rujukan yang sesuai dengan tema yang Anda miliki. Usahakan untuk mencari lebih dari 20 referensi agar pengetahuan dan wawasan Anda makin bertambah. Selain itu, saat ujian pendadaran nanti, Anda tidak akan merasa kesulitan karena referensinya sudah memadai.

2. Mencari Rujukan Skripsi Terdahulu dengan Dosen Pembimbing

Foto: landhiani.com

Setiap dosen pembimbing mempunyai gaya dan karakteristik yang berbeda-beda dalam penulisan skripsi. Ada baiknya Anda menyamakan persepsi dengan dosen pembimbing agar saat draft skripsi diajukan, tidak terlalu banyak “coretan indah” yang menghiasi kertas skripsi Anda

3. Periksa Ulang Skripsi dari Hal Teknis

Foto: kitamuda.id

Sebelum bertemu dosen pembimbing untuk bimbingan, ada baiknya Anda memeriksa ukang skripsi dari segi teknis kepenulisan. Hal ini bertujuan agar Anda tidak perlu terlalu banyak merevisi ulang skripsi tersebut.

4. Baca Ulang Skripsi

Foto: brilio.net

Membaca ulang skripsi Anda akan memudahkan Anda dalam menemukan berbagai kesalahan yang ada di skripsi Anda. Anda juga perlu menempatkan diri sebagai pembaca. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui apa saja kesalahan yang ada di draft skripsi Anda.

5. Jangan Tunda untuk Revisi

Foto: fineandfun.blogspot.com

Saat dosen memberikan revisi, ada baiknya Anda langsung mengerjakan revisi tersebut. Jangan pernah menunda untuk merevisi skripsi Anda. Semakin Anda menunda revisian maka Anda akan semakin malas dalam mengerjakan skripsi.

Baca Juga:  Sang Maestro Gudeg Legenda Yu Djum Meninggal Dunia

6. Jangan Malas dan Jangan Terlalu Cepat Puas

Foto: universitaskebangsaan.ac.id

Mungkin Anda sering merasa cepat puas saat revisimu terlihat sedikit. Ada baiknya Anda tidak menyepelekan revisi sedikitpun. Karena bisa jadi, saat Anda bimbingan, dosen sedang tidak berkonsentrasi dan bisa memberi Anda revisi lebih banyak.

7. Jadikan sebagai Motivasi

mengerjakan skripsi
Foto: hasbiwijaya.blogspot.com

Mahasiswa tidak hanya butuh teori, namun juga motivasi. Jadikan skripsi dan kelulusna ini sebagai motivasi. Misalnya, dengan segera lulus Anda bisa segera melanjutkan S2 keluar negeri, atau melamar pekerjaan impian. Motivasi tersebut bisa mendorongmu untuk segera menyelesaikan skripsi Anda.

8. Satu Hari Satu Paragraf

mengerjakan skripsi
Foto: leptopkita.blogspot.com

Jadikan kebiasaan menulis minimal satu paragraf dalam sehari menjadi kebiasaan Anda. Dengan begitu, akan selalu ada progres setiap harinya.

9. Jangan Terlalu Banyak Berpikir, Lakukan Segera

mengerjakan skripsi
Foto: amazon.com

Kita biasanya lebih suka memikirkan daripada melakukan pekerjaan yang harus kita selesaikan. Padahal, skripsi tidak akan selesai jika hanya memikirkannya saja. Jadi, daripada hanya dipikirkan, langsung dikerjakan saja.
Nah, itu dia ulasan mengenai cara cepat mengerjakan skripsi yang bisa Anda kerjakan. Selain rajin mengerjakan tugas akhir ini, jangan lupa untuk banyak-banyak berdoa agar proses pengerjaan skripsi dimudahkan. Rajin-rajin bertemu dosen pembimbing agar skripsi Anda cepat selesai.

Tinggalkan Komentar