Traveling ke Makassar? Jangan Lupa Coba 8 Kuliner Khasnya Ini

0
23
Foto: https://www.jejakwaktu.com

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Jika Anda berencana untuk traveling ke Makassar, maka jangan lupa untuk mencicipi berbagai kuliner khas Makassar di sana. Ini dia daftar kuliner yang rekomended untuk Anda cicipi saat Anda ke Kota Angin ini.

1. Coto Nusantara

Foto: travelingyuk.com

Coto Nusantara merupakan salah satu coto khas Makassar yang paling legendaris. Cita rasa dan bumbu rempahnya khas dan benar-benar berbeda dengan coto lainnya. Warung coto ini didirikan oleh Daeng Tutu sejak tahun 1990-an dan sampai saat ini tidak pernah luput dari para pengunjung baik lokal maupun mancanegara. Tempat makan ini buka mulai jam 07.00 WITA sampai jam 17.30 WITA.

2. Pallubasa Serigala

Foto: traveloka.com

Karena berada di Jalan Serigala, pallubasa ini diberi nama Pallubasa Serigala. Kuliner khas Makassar ini hampir mirip dengan coto, namun kuahya lebih kental dan ditambahi dengan serbuk kelapa yang sudah disangrai. Di dalamnya juga terdapat telur setengah matang yang membuat rasa pallubasa ini semakin nikmat.
Pallubasa Serigala ini memiliki cita rasa juara. Rasa rempah dalam kuahnya begitu kuat. Untuk menikmati pallubasa ini, Anda harus rela antri karena peminat pallubasa ini banyak sekali setiap hari.

3. Sop Konro Karebosi

Foto: traveloka.com

Sop Konro merupakan tulang iga sapi yang masih ada dagingnya pada tulangnya. Iga ini dimasak dalam kuah sup yang segar. Untuk menghasilkan rasa iga yang sedap, tulangnya dimasak secara terpisah dengan berbagai bahan lain. Walau banyak pilihan kedai sop konro lain, namun sop konro Karebosi ini yang sudah ada sejak tahun 1968 ini yang paling diminati.

4. Konro Bakar Karebosi

Foto: openrice.com

Belum beranjak dari rumah makan Karebosi, Anda juga bisa mencicipi menu makanan khas Makassar yang tidak kalah lezat, yakni konro bakar karebosi. Konro yang satu ini berupa tulang iga sapi yang dipanggang menggunakan bumbu kacang khas Makassar. Soal rasanya, jangan ditanya lagi. Pokoknya lezat banget!

Baca Juga:  Bongko Kopyor, Takjil Manis Khas Gresik

5. Es Pisang Ijo Bravo

Foto: openrice.com

Jika Anda bertanya ke orang Makassar mana tempat favorit untuk menyantap es pisang hijau, maka mereka dengan serempak akan menjawab Es Pisang Ijo Bravo. Buah pisang yang menjadi bahan kuliner ini adalah jenis pisang raja.
Pisang ini lalu dibalut dengan tepung berwarna hijau cerah. Kemudian, dipotong-potong dan disajikan dengan es serut, bubur sumsum berwarna merah, dan juga susu kental manis. Rasanya makin enak jika dimakan saat dingin.

6. Putu Cangkir

kuliner khas makassar
Foto: pinterest

Kuliner khas Makassar kali ini adalah kue tradisional bernama putu cangkir. Anda bisa dengan mudah menemuinya di pinggir-pinggir jalan seperti di Jalan Alauddin, Jalan Landakm atau di sekitar pasar Pa’baeng Baeng.
Kue tradisional khas Makassar ini dibuat dari beras ketan dengan dua jenis rasa, yakni gula putih dan gula merah. Kue ini memiliki bentuk seperti cangkir terbalik, maka kue ini disebut dengan puru cangkir.

7. Barongko

kuliner khas makassar
Foto: belanga.id

Selain es pisang ijo, olahan khas Makassar yang dibuat dari pisang adalah barongko. Pisang yang sudah matang dihaluskan, kemudian dicampur dengan santan, gula pasir, dan garam. Adonan tersebut kemudian dikukus menggunakan daun pisang. Setelah matang, jangan buru-buru untuk dimakan. Tunggu agar dingin terlebih dahulu agar raanya lebih nikmat.

8. Jalangkote Lasinrang

kuliner khas makassar
Foto: traveloka.com

Di Jawa, Jalangkote ini disebut dengan kue pastel. Walau bentuknya hampir sama dengan kue pastel, namun rasanya jauh lebih enak yang ada di Makassar ini. Jalangkote yang paling difavoritkan sendiri yang ada di Jalan Lasinrang ini. Dijamin rasanya lezat dan bikin nagih.
Itu dia ulasan mengenai 8 kuliner khas Makassar yang patut Anda coba. Jadi, mau cicip yang mana dulu nih?

Tinggalkan Komentar