Kebun Teh Kaligua, Secuil Surga di Kabupaten Brebes

0
23
Foto: https://www.galeriwisata.com

Kebun Teh Kaligua merupakan agrowisata dengan pemandangan yang indah dan cukup populer di kalangan wisatawan saat ini. Tempat ini menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin mencari udara segar dan memanjakan mata dengan pemandangan yang indah.

Lokasi Kebun Teh Kaligua

kebun teh kaligua
Foto: Explorewisata.com

Kebun teh ini berlokasi di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Persisnya, tempat ini berlokasi di sebelah barat kaki Gunung Slamet dengan ketinggian sekitar 1500 sampai 2000 meter dari permukaan laut.

Lokasinya yang berada di dataran tinggi membuat suhu udara tempat ini cukup sejuk, yakni sekitar 8 sampai 28 derajat Celcius. Perkebunan teh ini sudah dirintis sejak masa penjajahan Belanda, tepatnya sekitar ahun 1889 dan tetap beroperasi sampai sekarang.

Pemandangannya yang indah dan asri dilengkapi dengan kondisi udara yang sejuk dan segar bebas polusi mebuat kebun teh ini menjadi destinasi wisata yang pas untuk Anda dan keluarga. Di sini, Anda tidak hanya disuguhkan pemandangan indah, namun juga berbagai spot wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Spot-spot wisata tersebut antara lain Goa Jepang, Tuk Bening, dan berbagai wahana permainan dan petualangan yang menyenangkan. Tidak jauh dari tempat parkir kendaraan, pengunjung sudah bisa menikmati pemandangan kebun teh yang menyejukkan mata.

Di sini juga terdapat wahana bermain perahu bebek di kolam yang airnya bersumber dari sungai kecil. Selain itu, Anda juga bisa menguji adrenalin dengan bermain flying fox yang meluncur di atas kebun teh.

Rute Menuju Kebun Teh Kaligua

kebun teh kaligua
Foto: Explorewisata.com

Waktu tempuh yang diperlukan dari Kota Bumiayu ke lokasi kebun teh ini sekitar 30 menit perjalanan menggunakan kedaraan. Bagi pengunjung yang datang dari arah kota Brebes, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi yang bisa ditempuh dengan mengambil jalur yang ke arah Purwokerto.

Baca Juga:  Menjejakkan Kaki di Tugu Nol Kilometer Sabang

Sesampainya di Kecamatan Paguyangan, Anda bisa mengambil arah kiri menuju Desa Pandansari. Dari pertigaan ini, Anda masih harus menempuh perjalanan selama kurang lebih satu setengah jam berkendara. Lalu, Anda cukup mengikuti jalan tersebut dan terus menuju ke Desa Pandansari.

Jalur menuju kebun teh ini mempunyai medan yang cukup sulit dengan banyak tanjakan dan kondisi jalan yang agak berbatu. Walau begitu, di sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang indah dari atas bukit dan suhu udara yang sejuk.

Fasilitas

kebun teh kaligua
Foto: Explorewisata.com

Karena banyaknya pengunjung yang menyambangi tempat wisata ini, pihak pengelola meningkatkan ketersediaan fasilitas yang ada di dalamnya. Sejumlah fasilitas yang tersedia antara lain Tea Walk, penginapan, lapangan tenis, area perkemahan, wahana outbond, jasa layanan teh, area bermain bilyard, gazebo, aula, area parkir yang luas, tempat ibadah, dan toilet umum.

Itu dia ulasan mengenai Kebun Teh Kaligua yang patut Anda kunjungi. Jangan lupa untuk mengunjungi tempat wisata ini saat Anda berkunjung di Brebes.

Tinggalkan Komentar