5 Tokoh Entrepeneur yang Sukses Berbisnis Kuliner

0
31
Tokoh Entrepreneur
Foto: makankeliling.com

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Apakah Anda tertarik untuk membuka bisnis di bidang kuliner? Nah, agar Anda makin bersemangat dalam merintis bisnis Anda, simak kisah inspiratif 5 tokoh entrepreneur yang sukses dalam bisnis kulinernya berikut ini.

Daftar Tokoh Entrepreneur Muda Sukses dari Bisnis Kuliner

1. Fery Atmaja dengan Preksu

Foto: https://saveig.com

Preksu atau Ayam Geprek Susu merupakan salah satu tempat makan yang banyak digandrungi oleh banyak pelanggan. Ferry Atmaja, selaku pemilik Warung Preksu di Yogyakarta tidak hanya sekadar membuka usaha kuliner ayam geprek. Dia juga berhasil mengelola bisnisnya sebagai ladang ibadah. Selain itu, dia juga sukses membangun beberapa cabang Warung Preksu di beberapa lokasi strategis.
Ada empat rahasia Ferry dalam mengembangkan bisnisnya. Pertama, dia mewajibkan karyawan laki-lakinya untuk salat tepat waktu secara berjamaan di masjid. Kedua, pelanggan boleh mengambil nasi dan es teh sepuasnya hanya dengan sekali bayar. Ketiga, Ferry juga menyediakan 50 paket makan gratis untuk yang berpuasa senin dan kamis. Keempat, pelanggan juga bisa makan dan minum gratis di tiap hari Jumat bagi yang membaca surat Al-Kahfi. Tidak heran, tokoh entrepreneur ini sukses menjalankan bisnisnya berkat sedekah.

2. Rex Marindo dengan Warung Upnormal

Foto: Kompas.com

Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan Warung Upnormal. Atau bahkan, Anda sudah sering nongkrong di sini. Nah, tokoh entrepeneur selanjutnya yaitu Rex Marindo yang awalnya merupakan konsultan pemasaran berinisiatif membuka bisnis kuliner nasi goreng dengan modal 100 juta rupiah. Tidak menunggu waktu lama, bisnis yang dia geluti bersama teman-temannya ini menjadi booming.

Di tahun 2014, Rex Marindo dan kawan-kawannya melebarkan sayap bisnisnya dengan mendirikan bisnis kuliner lain bernama Bakso Boedjangan yang sekarang sudah mempunyai 25 cabang. Di tahun berikutnya, mereka kembali membuka bisnis kuliner baru bernama Warung Upnormal.

Baca Juga:  Martha Tilaar, Pengusaha Kosmetik Sukses Hingga ke Mancanegara

Hanya dengan waktu yang relatif singkat, Rex Marindo dan teman-temannya memiliki 80 cabang Warunk Upnormal, 25 cabang Bakso Boedjangan, dan 12 cabang Nasi Goreng Mafia, serta 6 restoran Sambal Karmila. Rex Marindo dan teman-temannya merupakan contoh tokoh entrepreneur yang berani mengambil risiko dengan meninggalkan pekerjaan tetap untuk berwirausaha.

3. Jody Brotosuseno dengan Warung Steak

tokoh entrepeneur
Foto: Grid.id

Sebelum sukses mendirikan bisnis Warung Steak ini, H. Jody Brotosuseno dan istrinya sudah jatuh bangun dalam membangun berbagai usaha. Mereka sudah menjalani berbagai usaha seperti bisnis roti bakar, susu, sampai bisnis kaos partai, namun usaha yang mereka jalani tidak bertahan lama.

Di tahun 1999, Jody mengontrak rumah dan membuka usaha Waroeng Steak di emperan rumah. Dia mengubah kesan steak yang selama ini dikenal sebagai makanan mewah menjadi makanan emperan. Untungnya, Jody dapat menemukan titik suksesnya di sini. Bahkan, dia memiliki 80 outlet Waroeng Steak dengan omset 500 juta per bulan di tiap outlet.

Salah satu outlet yang dia miliki dia dedikasikan untuk membiayai santri-santri penghafal Al-Quran. Dia memiliki lebih dari seribu karyawan yang secara internal dia kenalkan dengan berbagai amalan sunnah seperti salat dhuha dan setoran hafalan Al-Quran. Walau dia merupakan orang yang kaya, namun dia tetap hidup sederhana.

4. Yoyok Hery Wahyono dengan Waroeng SS

tokoh entrepeneur
Foto: apasiiih.blogspot.com

Bagi Anda yang menyukai kuliner pedas di daerah Jawa, Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan Waroeng Serba Sambal atau yang sering disingkat Waroeng SS. Awalnya, usaha kuliner yang dirintis oleh Yoyok Hery Wahyono ini dirintis dari tenda kaki lima di Jalan Kali Urang di kawasan Unviversitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Dari warung tenda kaki lima ini, Yoyok berhasil mendirikan 83 cabang rumah makan. Dalam satu bulan, Yoyok mampu menjual 1,2 juta porsi. Uniknya, saat dia membangun usahanya ini, dia tidak mengejar laba. Bahkan, di awal-awal penjualan, dia tidak mendapatkan laba. Dia menyadari, bahwa kualitas kuliner yang dia jual lebih penting daripada mengejar laba. Tidak heran jika Waroeng Serba Sambal ini digandrungi oleh banyak pecinta kuliner.

Baca Juga:  Budi Karya Sumadi, Direktur Utama PT Angkasa Pura II

5. Johnny Andrean dengan J.Co Donuts & Coffee

https://myeatandtravelstory.wordpress.com

Siapa sih yang tidak tahu J.Co Donuts & Coffee? Kini, gerai tersebut mudah ditemukan di berbagai mall di Indonesia. Johnny Andrean, owner J.Co Donuts & Coffee sebelumnya memulai debut karier bisnisnya dengan membuka bisnis salon. Selanjutnya, dia tertarik untuk memulai bisnis makanan dengan membeli hak waralaba BreadTalk. Tidak hanya itu, dia juga menekuni bidang bisnisbaru dengan bisnis kue donat yang kini terkenal di kalangan masyarakat luas dengan brand J.Co Donuts & Coffee.
Walau sebelumnya sudah mempunyai nama besar di dunia usaha, namun tokoh entrepreneur ini tidak sungkan untuk melakukan survei langsung ke beberapa negara untuk mengetahui standar operasional yang cocok dan tepat untuk membuat sebuah donat. Kerja kerasnya tersebut berbuah manis. Saat ini, J.Co Donuts & Coffee telah berkembang menjadi puluhan gerai yang tersebar di Indonesia, Singapura, dan Malaysia.

Nah, itu dia ulasan mengenai 5 tokoh entrepreneur yang sukses dalam bisnis kulinernya. Suksesnya seorang pebisnis dalam menjalankan bisnis kulinernya bergantung pada ide, kreativitas, dan kegigihan. Anda bisa mencontoh kegigihan dan keuletan para pebisnis kuliner di atas agar bisnis kuliner Anda juga turut sukses.

Tinggalkan Komentar