Rich Brian, Penyanyi Rap Indonesia yang Mendunia

0
9
Rich Brian
Foto: hypebeast.com

Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan Rich Brian, penyanyi rap Indonesia yang mencetak sejarah di Amerika Serikat. Remaja yang lahir pada 3 September 1999 ini bahkan sudah masuk ke dalam daftar “30 Under 30 Asia 2018” di bidang hiburan dan olahraga oleh Majalah Forbes.

Musisi Hip Hop Asal Jakarta

Rich Brian
Foto: pitchfork.com

Rich Brian merupakan seorang penyanyi rap sekaligus produser dan penulis lagu yang membawakan semua lagu ciptaannya dalam bahasa Inggris dengan tempo yang sangat cepat dan lancar. Lagunya yang populer antara lain seperti Dat $tick dan Who Dat Be. Baru-baru ini Rich Brian baru saja meluncurkan album The Sailor yang mendapat sambutan hangat dari para penggemarnya.

Kontroversi Nama

Penyanyi rap Indonesia ini mempunyai nama asli Brian Imanuel Soemarno. Rich Brian sendiri merupakan nama panggung. Sebelumnya, dia dikenal dengan nama Rich Chigga. Namun, karena adanya alasan sensitivitas budaya, dia mengubah nama Chigga menjadi Brian.

Karena kariernya yang sudah melejit di dunia internasional dan mempunyai banyak penggemar dari berbagai belahan dunia, dia tidak mau mengambil risiko untuk mempertahankan nama Rich Chigga tersebut.

Video Youtube-nya Ditonton Lebih dari 100 Juta Kali

Akun Youtube Brian ini pertama kali dibuat pada tanggal 8 April 2014. Video musik Dat $tick yang diunggahnya pada Februari 2016 ditonton lebih dari 100 juta kali. Debut inilah yang mengantarkan karier Rich Brian melambung hingga ke dunia internasional.

Hanya saja, capaian penonton tersebut tidak diikuti dengan perolehan penonton dengan jumlah yang sama pada video-video selanjutnya yang berkisar di angka belasan juta penonton.

Rich Brian Belajar Bahasa Inggris secara Otodidak

Penyanyi 20 tahun ini mempunyai kemampuan bahasa Inggris yang sangat baik, bahkan seperti native speaker. Rich Brian tidak sekolah di sekolah konvensional pada umunya, dia menjalani homeschooling. Dia melatih kemampuan bahasa Inggrisnya secara otodidak dengan menonton video-video di Youtube dan mendengarkan berbagai lagu rap dunia dari penyanyi seperti Childish Gambino, 2 Chainz, dan Macklemore.

Baca Juga:  Kisah Inspiratif Achmad Zaky, CEO dan Pendiri Bukalapak

Masuk ke daftar “30 Under 30 Asia 2018” di Majalah Forbes

Rich Brian tercatat sebagai salah satu orang di daftar orang berusia di bawah 30 tahun yang paling berpengaruh di Asia oleh majalah bisnis dan finansial internasional, Majalah Forbes. Dia masuk ke daftar tersebut saat usianya masih 18 tahun. Selain itu, dia menjadi satu-satunya wakil asal Indonesia yang bersanding dengan 29 sosok inspiratif lainnya dari Asia.

Karya Rich Brian

Brian sudah menciptakan beberapa lagu. Di antaranya berjudul Dat $tick, Who Dat Be, Chaos, Watch Out, Glow Like Dat, dan Crisis ft 21 Savage. Album terbarunya, The Sailor terdiri dari beberapa lagu mulai dari The Sailor, Rapapapa ft RZA. Yellow ft Bekon, Kids, 100 Degres, dan berbagai lagu lainnya.

Tinggalkan Komentar