William Tanuwijaya, Pendiri Tokopedia yang Dulunya Penjaga Warnet

0
10
William Tanuwijaya
Foto: dakonan.com

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Anda tentunya sudah tidak asing dengan Tokopedia, salah satu platform marketplace paling besar di Indonesia. Tokopedia didirikan oleh William Tanuwijaya dan rekannya Leontinus Alpha Edison dengan banyak perjuangan hingga Tokopedia bisa sebesar sekarang.
Mungkin tidak ada yang menyangka, jika sebelum dia sukses mendirikan Tokopedia, William bekerja sebagai penjaga warnet. Berikut kisah inspiratif mengenai perjuangan William dalam mendirikan Tokopedia.

William Tanuwijaya lahir di Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara, tanggal 18 November 1981. Dia sekolah di kampung halamannya hingga lulus SMA. Setelah lulus SMA, dia memberanikan diri untuk berangkat ke Jakarta untuk berkuliah. Dia diterima di Universitas Bina Nusantara (BINUS) Jakarta.

Menjadi Penjaga Warnet

Selama William berkuliah, dia rajin mencari pekerjaan sampingan untuk membiayai kuliahnya. Saat memasuki semester dua di kampusnya, dia lalu bekerja di warnet dari jam 9 malam sampai jam 9 pagi.
Setelah lulus dari kampusnya, dia bekerja di kantor yang mengembangkan software komputer. Akan tetapi, lama kelamaan, William memiliki ide untuk mendirikan perusahaan sendiri. Dia bermimpi untuk memiliki perusahaan internet sendiri.

Ide Mendirikan Tokopedia

Ide untuk mendirikan Tokopedia datang saat dia menjadi moderator dalam forum online Kafegaul yang memiliki fasilitas jual beli. Dari situ, dia lalu mulai terinspirasi untuk menciptakan start up baru yang dia namakan Tokopedia. Di tahun 2007, dia mulai membangun marketplace tersebut. Dia mengajak temannya yang bernama Leontinus Alpha Edison untuk mendirikan start up tersebut.

Perjuangan Keras dalam Membangun Tokopedia

Dalam membangun Tokopedia, William Tanuwijaya mengalami masa-masa yang sulit. Di saat dia membutuhkan modal yang besar untuk idenya tersebut, ayahnya justru divonis penyakit kanker. Maka, William pun terpaksa menjadi tulang punggung mencari nafkah untuk keluarga.
Dia sadar bahwa idenya pasti berhasil, lalu dia berusaha mencari modal untuk mengembangkan usahanya. Dia mendatangi satu per satu orang yang dia kenal untuk memberikan modal pada idenya tersebut. Mulai dari bos di tempat kerjanya, sampai kenalan dari teman-teman bosnya.
Lalu, dia mulai menceritakan mengenai Tokopedia, sebuah e-commerce tempat bertemunya penjual dan pembeli dari seluruh Indonesia. Platform tersebut merupakan tempat di mana orang-orang bisa memasarkan berbagai produk mereka ke seluruh Indonesia melalui Tokopedia. Selain itu, Tokopedia juga menjadi perantara jual beli online yang aman bagi penggunanya. Sehingga, ide yang dimiliki William bisa memecahkan masalah marketplace yang dialami di Indonesia.

Baca Juga:  Menikmati Manisnya Bisnis dari Brownies Amanda

Selama dua tahun, William bekerja keras secara terus menerus mencari investor untuk membiayai ide tersebut. Tak jarang, banyak investor yang mempertanyakan pengalaman William Tanuwijaya dalam berbisnis. Banyak juga orang yang menganggap bahwa mimpi tersebut terlalu tinggi. Dari situlah modal kepercayaan menurutnya sangat penting. Karena, bagi William, sangat sulit untuk mendapatkan kepercayaan orang lain untuk memulai bisnisnya tersebut.

Mendirikan Tokopedia

William Tanuwijaya
Foto: dailysocial.id

Setelah dua tahun berusaha, akhirnya apa yang diperjuangkan William membuahkan hasil. Tepat di tahun 2009, di tanggal 6 Februari, Tokopedia resmi berdiri. Marketplace tersebut resmi diluncurkan ke publik setelah mendapatkan sokongan dana dari investor dan juga bos di tempat kerjanya. Bahkan, Tokopedia juga mendapatkan penghargaan sebagai e-commerce terbaik di Indonesia versi Bubu Awards.
Selain itu, Tokopedia juga terus mendapatkan suntikan dana dari tahun ke tahun dari para investor. Bahkan, pada tahun 2014, Tokopedia mendapatkan suntikan dana sebesar 100 juta dollar dari Softbank Internet yang juga memodali Alibaba dan Sequoia Capital yang pernah memberikan modal ke Google, Apple, dan Instagram.
Di tahun 2017, Tokopedia juga sukses menjadi start up unicorn yakni start up yang mempunyai nilai di atas 1 milliar dolar Amerika Serikat atau sekitar 14 triliun rupiah.

Kekayaan William Tanuwijaya Pendiri Tokopedia

Melesatnya Tokopedia menjadi salah satu jajaran marketplace paling besar di Indonesia membuat William Tanuwijaya masuk sebagai salah satu orang paling kaya di Indonesia. Sebagai pendiri Tokopedia, kekayaan William ditaksir sebesar 130 juta dollar AS atau sekitar 1,8 triliun rupiah. William juga menempati posisi 148 dalam daftar orang paling kaya di Indonesia menurut majalah Globe Asia.

Mungkin tidak ada yang pernah menyangka, seorang mantan penjaga warnet bisa menjadi salah satu orang paling kaya di Indonesia. Namun, berkat kerja keras dan kreativitas William, dia bisa mencapai semua itu.

Tinggalkan Komentar