Mitos Lagu “Nina Bobo” Yang Sangat Menyeramkan

0
120
lagu nina bobo
Foto : hipwee.com

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Pasti kalian setiap hari tak lepas mendengarkan lagu ini yaa kan?Dengan lirik yang sederhana, Lagu ini mudah diingat dan secara turun menurun selalu kita nyanyikan. Tanpa tahu ejarah lagu nina bobo itu sendiri. Apakah nina itu nama anak seseorang yang menciptakan lagu ini?Ataukah yang lainnya. Namun ada dugaan bahwa lagu ini terkait erat dengan nama seorang gadis kecil keturunan Belanda bernama Helenina Mustika Van Rodjnik.

Asal usul lagu pengantar tidur Nina Bobo ini bermula dari sebuah keluarga kecil yang memiliki satu orang anak perempuan bernama Helenina yang merupakan campuran belanda-jawa, Sang ayah kelahiran Belanda bernama Van Rodjnik, Ibunya wanita jawa bernama Mustika. Singkat cerita, Helenina kerap kali mengalami sulit tidur setiap malamnya. Inilah juga yang membuat kedua orangtuanya merasa kebingungan untuk mencari cara supaya helenina bisa tenang dan bisa tidur dengan mudah.

Atas saran dari Ayahnya, Sang ibu menciptakan liriknya dan tidak bersenandung. Lirik lagunya sama seperti yang kita ketahui sekarang, “Nina bobo ooh nina bobo..kalau tidak bobo digigit nyamuk”. Setiap malam ibunya selalu menyanyikan lagu tersebut, hingga suatu nina sakit parah lalu meninggal dunia, Nina meninggal pada umur 6 tahun dengan sakit demam. Disaat itulah kedua orangtuanya sangat terpukul atas kematian putri kecilnya. Pada suatu malam, ayahnya Nina menemukan Mustika sang ibu sedang menyanyikan lagu pengantar tidur yang biasa dinyanyikan untuk Nina. Sang suami penasaran menanyakan alasan istrinya menyanyikan lagu tersebut, Menurut pengakuan mustika ada suara Helenina yang sedang menangis.

lagu nina bobo
Foto : siopung.com

Mustika terus menyanyikan lagu itu sampai akhirnya dia juga meninggal dunia. Setelah mustika meninggal dunia giliran Van Rodjnik yang dihantui oleh anaknya sendiri yang meminta dinyanyikan lagu pengantar tidur “Nina bobo” yang selalu dinyanyikan mustika. Hal ini membuat pikiran Van Rodjnik menjadi terganggu dan dia pun menyanyikan lagu itu berulang-ulang hingga dia meninggal dunia. Konon katanya kalau kita menyanyikan lagu “Nina Bobo” untuk menidurkan anak kita, Arwah Nina datang dan membuat anak kita tidur terlelap.

Tinggalkan Komentar