Sunrise Magis dengan Selimut Kabut di Punthuk Setumbu

0
85
Foto: https://www.superadventure.co.id

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Apakah Anda sudah pernah mampir ke Punthuk Setumbu? Objek wisata tersebut tergolong salah satu destinasi yang terbilang populer di Jawa Tengah. Selain itu, objek wisata ini juga memiliki berbagai spot yang ciamik untuk foto kekinian. Bahkan, tempat ini juga menjadi tempat syuting film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) 2.

Punthuk Setumbu merupakan sebuah bukit dengan tinggi kurang lebih 400 mdpl. Bukit ini terletak di gugusan Pegunungan Menoreh. Area ini masuk ke dalam wilayah Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Di bukit tersebut, Anda bisa melihat pemandangan sunrise yang indah berselimut kabut.

Apa yang Menarik dari Punthuk Setumbu?

Punthuk Setumbu
Foto: ardiankusuma.com

Objek wisata ini terletak sekitar 4 kilometer di sebelah barat Candi Borobudur. Hal tersebut membuat objek wisata tersebut menjadi spot terbaik untuk melihat sunrise di sekitar Candi Borobudur. Panorama di tempat ini mempunyai pemandangan yang sangat memesona bagi siapa saja yang berkunjung. Bahkan, banyak yang mengatakan pemandangan di sini mirip dengan pemandangan di Bagan, Myanmar.

Ditambah lagi, harga tiket yang murah menjadikan Punthuk Setumbu sebagai objek wisata primadona bagi para pemburu sunrise. Jika Anda tidak mau bersusah payah berkendara di pagi buta untuk ke tempat ini, Anda juga bisa menginap sebelumnya di sekitar kawasan wisata.

Di kawasan ini, juga sudah banyak penginapan berbentuk rumah tradisional warga yang dapat Anda sewa. Jadi, Anda tidak perlu repot berburu-buru menuju objek wisata ini agar tidak ketinggalan pemandangan matahari terbit.

Untuk mencapai puncaknya, Anda harus berjalan kaki selama kurang lebih 20 menit. Walaupun jalurnya pendek, namun jalur menuju puncak cukup menguras tenaga. Selain itu, Anda juga harus berjalan kaki di saat fajar di mana udara terasa cukup dingin dan tubuh yang terasa lemas.

Baca Juga:  Menikmati Berbagai Fauna di Taman Safari Indonesia II Prigen

Walau begitu, jika Anda tidak mau berjalan kaki, Anda bisa menyewa ojek atau naik sepeda menuju puncak.

Akomodasi

Di kawasan wisata ini, Anda bisa mendapatkan berbagai fasilitas di tempat wisata ini. Mulai penginapan, WC, tempat parkir, ojek menuju puncak, mushola, warung makan, gazebo, gardu pandang untuk spot foto, camp ground, dan masih banyak lagi.

Jika Anda ingin menginap, Anda bisa menginap di rumah warga yang memang disewakan. Selain itu, Anda juga bisa berkemah di puncak bukit Punthuk Setumbu atau di hotel yang terletak di sekitar tempat itu.

Lokasi Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu
Foto: beritamagelang.id

Tempat wisata ini berlokasi di Dusun Kuraha, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Lokasinya berada sekitar 20 km dari pusat Kota Magelang melalui Jalan Magelang-Yogyakarta dan berada di 4 km dari Candi Borobudur melalu Jalan Ngaran Kidul.

Rute Menuju Punthuk Setumbu

Dari depan tempat wisata Candi Borobudur, Anda dapat menuju ke arah Hotel Manohara, lalu lurus terus ke arah Perbukitan Menoreh. Tidak jauh dari hotel tersebut, ada petunjuk arah bertuliskan “Borobudur Nirvana Sunrise”. Setelah itu, Anda cukup mengikuti petunjuk arah tersebut sampai Anda sampai di lokasi wisata yang Anda tuju.

Tips Berlibur di Punthuk Setumbu Magelang:

Punthuk Setumbu
Foto: ulinulin.com

– Ada baiknya Anda datang di musim kemarau agar Anda bisa mendapatkan pemandangan indah dengan cuaca yang cerah.
– Jangan lupa membawa kamera DSLR untuk mendapatkan foto terbaik.
– Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu menaati aturan yang ada.
– Waktu terbaik untuk menuju Punthuk Setumbu adalah di hari biasa yakni Senin-Jumat. Jika Anda datang di akhir pekan atau hari libur, maka di sana lebih ramai oleh wisatawan.

Tinggalkan Komentar