Kisah Inspiratif Achmad Zaky, CEO dan Pendiri Bukalapak

0
20
Foto: jagoanhosting.com

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Achmad Zaky dikenal sebagai pendiri Bukalapak, salah satu situs marketplace paling besar di Indonesia. Zaky telah melalui perjalanan panjang dalam mendirikan marketplace tersebut. Seperti yang kita ketahui, Bukalapak merupakan salah satu situs marketplace paling besar di Indonesia.
Berikut biografi dan kisah inspiratif dari Achmad Zaky, CEO dan pendiri marketplace Bukalapak.

Masa Kecil Achmad Zaky

Achmad Zaky
Foto: buku-otobiografi.blogspot.com

Achmad Zaky lahir di Sragen, Jawa Tengah pada tanggal 24 Agustus 1986. Dia memiliki ketertarikan pada komputer bahkan saat dia masih duduk di bangku sekolah dasar. Bakatnya dalam bidang informatika tersebut yang membawanya hingga saat ini.
Paman Zaky sendiri juga mempunyai peran dalam perkenalannya dengan komputer. Di mana pamannya tersebut sering memberikan buku-buku mengenai komputer pada Zaky.
Pada tahun 1997, Zaky sudah mulai mengenal pemrograman komputer dari berbagai buku yang sudah menjadi kawannya. Zaky tumbuh menjadi pribadi yang mempunyai otak cemerlang.
Saat dia masih SMA, tepatnya di SMA Negeri 1 Solo, dia menjadi wakil sekolah dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) dalam bidang komputer. Lalu, dia menjadi juara hingga tingkat nasional.

Kuliah di ITB

Achmad Zaky
Foto: conference.techinasia.com

Setelah lulus SMA, dia melanjutkan pendidikannya di salah satu kampus ternama di Indonesia, yakni Institut Teknologi Bandung di tahun 2004. Dia mengambil jurusan Teknik Informatika dan memiliki prestasi akademik yang luar biasa. Bahkan, dia berhasil meraih IP 4.00 di saat semester 1.
Selain berprestasi dalam bidang akademik, Zaky juga menggagas beberapa organisasi di kampus. Seperti ShARE Global Student Think-Tank, Entrepreneur Club ITB yang lalu dikenal dengan Technoentrepreneur Club (TEC) ITB.
Selain itu, dia juga sempat mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan studi di Oregon State University dengan beasiswa dari pemerintah Amerika Serikat. Dia juga pernah menjadi wakil ITB di Harvard National Model United Nations.
Achmad Zaky menikah dengan seorang wanita bernama Diajeng Lestari dan mempunyai seorang anak bernama Laiqa Anzani. Selain itu, dia juga membantu mengembangkan usaha istrinya di dalam bidang toko online busana muslimah yang dinamai hijup.com.

Baca Juga:  Biografi Tri Rismaharani, Walikota Terbaik Ketiga Sedunia

Mendirikan Bukalapak

Achmad Zaky
Foto: thejakartanews.com

Setelah lulus dari ITB, Zaky memulai karier profesionalnya dengan mendirikan bisnis konsultasi di bidang teknologi komputer. Dia menjalankan bisnis tersebut dengan menangani pembangunan sistem IT beberapa perusahaan besar di Indonesia.
Selain itu, dia juga pernah mengerjakan proyek pembuatan software yang digunakan untuk menghitung cepat hasil perolehan suara dalam Pemilu di sebuah stasiun televisi swasta.
Lalu, dia memiliki keinginan untuk membangun sebuah usaha yang dapat memberikan manfaat yang lebih besar untuk masyarakat. Lalu, dia membangun sebuah situs yang merupakan marketplace, e-commerce, dan startup yang dikenal dengan nama Bukalapak pada tahun 2010.
Bukalapak merupakan situs belanja online yang bisa diakses secara gratis. Selain itu, Bukalapak juga bisa digunakan sebagai media untuk bertemu antara penjual dan pembeli. Tujuan dari adanya Bukalapak ini juga sangat mulia, yakni untuk memajukan dan mengembangkan usaha dari para UKM (Usaha Kecil dan Menengah) di Indonesia melalui media internet.
Inspirasi awalnya dalam membuat Bukalapak ini adalah saat Zaky melihat berbagai usaha kecil tetangganya yang pendapatannya masih kecil. Dengan begitu, dia ingin memberikan kesempatan pada usaha-usaha kecil untuk melebarkan sayap dan berkembang menjadi lebih besar lagi.
Bahkan, di tahun 2014, nilai transaksi di Bukalapak mencapai 1 trilyun dan terus berkembang. Hal tersebut tentu saja membuat Bukalapak menjadi salah satu e-commerce yang terkenal di Indonesia. Banyak investor yang terus menanamkan modal di marketplace ini dan menjadikannya bisa bersaing dengan e-commerce lain di Indonesia.
Kesuksesan Achmad Zaky ini menjadikannya sebagai salah satu orang yang masuk ke dalam daftar 10 Technopreneuir under 30th yang berpengaruh di Asia. Selain itu, Bukalapak juga menjadi salah satu marketplace yang paling bernilai dan dijuluki sebagai startup unicorn dengan nilai mencapai lebih dari 1 milliar dollar AS atau sekitar 14 triliun rupiah.

Baca Juga:  Titim Fatimah, Maestro Sinden asal Sunda Favorit Soekarno

Kekayaan Achmad Zaky

Sebagai pendiri bukalapak.com, Zaky dikenal sebagai salah satu pemuda paling kaya di Indonesia. Menurut data dari Majalah Globe Asia, kekayaannya mencapai sekitar 100 juta dollar AS atau sekitar 1.4 triliun rupiah. Bahkan, dia berada di posisi 149 dari 150 orang terkaya di Indonesia menurut majalah tersebut.

Tinggalkan Komentar