9 Kuliner Legendaris Malang yang Enak dan Patut Dicoba

0
47
Foto: https://selerasa.com

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Kota Malang yang sejuk menjadikan kota tersebut sebagai tempat favorit bagi banyak orang untuk berlibur. Anda tidak hanya bisa menikmati berbagai obyek wisata yang seru, namun Anda juga bisa mencicipi beragam sajian khas kuliner Malang legendaris, unik dan tiada duanya.

Tidak sulit untuk menemukan tempat makan yang enak di Malang karena jumlahnya banyak. Beragam sajian kuliner Malang yang lezat mampu menggoyang lidah para wisatawan. Berikut ini 9 kuliner legendaris Malang yang enak dan patut Anda coba.

1. Bakso President

Foto: aremafood.com

Salah satu kuliner legendaris Malang yang khas adalah bakso. Di kota ini, Anda dapat menemukan kedai bakso dengan mudah di seluruh penjuru kota. Nah, salah satu kedai bakso yang paling terkenal adalah Bakso President. Kedai bakso ini sudah berdiri sejak tahun 1977.
Anda bisa mengunjungi kedai bakso ini di Jalan Batanghari No.5. Terdapat berbagai jenis bakso yang dapat Anda pilih di kedai bakso ini. Mulai dari bakso kecil, bakso besar, bakso telur, bakso urat, bakso goreng, bakso tulang muda, bakso goreng udang, bakso bakar, sampai siomay basah.

2. Sate Landak

Foto: tourwisatamalang.com

Jika Anda bosan dengan kuliner dengan olahan biasa, Anda bisa mencoba sajian sate landak ini. Salah satunya di Warung Sate Landak Bu Ria yang berlokasi di Jalan Raya Bugis 47 Saptonegoro, Palis. Di warung tersebut, terdapat ragam sajian olahan kuliner ekstrim seperti sate landak, sate bulus, dan sate biawak.
Selain itu, ada juga menu olahan sup. Daging yang diolah memiliki tekstur yang empuk dan rasa yang gurih. Sehingga, bisa membuat siapapun ketagihan.

3. Pecel Kawi

Foto: goodindonesianfood.com

Pecel Kawi kabarnya sudah ada sejak tahun 1979 dan selalu ramai oleh pembeli sampai sekarang. Pecel ini terkenal karena bumbu kacang yang gurih dan lebih kental dibandingkan bumbu pecel pada umumnya.
Satu porsi pecel kawi ini terdiri dari nasi putih, sayuran, lauk-pauk, dan bumbu kacang kental. Anda dapat memilih lauk sendiri. Mulai dari dadar jagung, telur goreng, sampai lele goreng. Jika Anda tertarik untuk mencicipi sajian ini, Anda bisa mampir ke kedainya yang berlokasi di Jalan Kawi Atas No 43 B.

Baca Juga:  Kopi Minang Solok, Kopi Dengan Aroma Rempah

4. Rawon Pak Jenggot

Kuliner legendaris Malang
Foto: beautynesia.id

Rawon merupakan kuliner khas Jawa Timur yang memiliki ciri khas di bagian warna hitamnya. Nah, jika Anda sedang liburan di Malang, Anda dapat mencicipi rawon di warung Pak Jenggot yang berlokasi di Jalan Simpang Kawi, Klojen, Malang. Kelezatan kuliner ini sudah melegenda sejak tahun 1976.

5. Mie Gajah Mada

Foto : gotravelly.com

Sesuai dengan namanya, tempat makan ini menyajikan olahan mie. Menu andalan dari tempat makan ini adalah mie ayam jamur. Satu porsinya terdiri dari mie, potongan jamur, sawi, daging ayam suwir, dan taburan bawang goreng dan daun bawang.
Tidak lupa, mie tersebut diguyur dengan kuah bening yang gurih. Jika Anda tertarik untuk mencicipi sajian kuliner ini, Anda bisa mengunjungi tempat makan Mie Gajah Mada di Jalan Pasar Besar 17A.

6. Soto Geprek Mbah Djo

Foto : amazingmalang.com

Kuliner legendaris Malang ini sudah dikenal sejak tahun 1959 silam. Soto Geprek Mba Djo ini sangat terkenal karena menggunakan racikan bumbu tradisional yang berkualitas sehingga menghasilkan cita rasa yang khas dan lezat.

7. Bakpao Boldy

Kuliner legendaris Malang
Foto: deskgram.cc

Bakpao yang satu ini disebut dengan Bakpao Boldy karena dulu lokasinya berada di Jalan Boldy, Malang yang saat ini dinamai Jalan Mangun Sarkoro, Blimbing, Kota Malang. Kuliner ini sudah terkenal lezat sejak tahun 1950. Tidak hanya dilengkapi dengan isian daging, bakpao di sini juga mempunyai isian kacang hijau, tausa, dan kacang tanah.

8. Nasi Bakmoy Depot Hok Lay

Kuliner legendaris Malang
Foto: goodindonesianfood.com

Kelezatan kuliner legendaris Malang yang satu ini sudah tidak terbantahkan. Nasi Bakmoy merupakan nasi yang diberi kuah cokelat dari kaldu ayam yang ditaburi dengan potongan daging ayam dan taburan daun bawang goreng.
Depot Hok Lay ini sudah berdiri sejak tahun 1946. Anda bisa mengunjungi tempat makan ini di Jalan KH. Ahmad Dahlan. Menu yang populer di depot ini adalah nasi bakmoy, nasi panca warna, dan cwie mie serta lumpia Semarang.
Selain itu, Anda juga bisa mencicipi minuman jadul yang instagrammable bernama Fosco. Minuman tersebut berupa es susu cokelat yang dicampur dengan sirup karamel dan ditempatkan di botol Coca-Cola. Harga makanan di depot ini terbilang terjangkau dan semua menu halal.

Baca Juga:  Pesona Air Terjun Madakaripura, Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru

9. Kuliner Legendaris Malang Orem-Orem

Kuliner legendaris Malang
Foto: goodindonesianfood.com

Orem-orem merupakan kuliner legendaris Malang yang dibuat dari irisan temper goreng, dan ayam, lalu dimasak bersama kuah santan kental. Kemudian, disajikan dengan ketupat iris yang diberi tauge, dan tempe, lalu disiram dengan kuah santan. Salah satu lokasi yang sangat terkenal untuk mencicipi sajian yang satu ini adalah orem-orem Pak Tik yang sudah ada sejak tahun 1967 silam.

Nah, itu dia ulasan mengenai 9 kuliner legendaris Malang yang lezat dan wajib Anda cicipi saat berkunjung di kota tersebut. Jadi, mau cicip yang mana dulu nih?

Tinggalkan Komentar