3 Wisata di Sumatera Selatan Yang Patut Kamu Kunjungi

0
333
Gambar:https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/sumatera-selatan/jembatan-ampera-kemegahan-simbol-kota-palembang.html

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM –Palembang adalah ibukota dari provinsi Sumatera Selatan dan merupakan kota terbesar kedua di Pulau Sumatera. Selain terkenal dengan pempeknya, Sumtera Selatan menyimpan sejumlah keindahan alam yang tak kalah menariknya dengan daerah lain, apa saja tempat wisata di Provinsi Sumatera Selatan ini yang wajib dikunjungi?

  1. Gunung Dempo
Gambar: https://palembang.tribunnews.com/2017/08/19/5-fakta-keangkeran-gunung-dempo-yang-tak-terungkap-nomor-4-sering-dialami-pendaki-serem

Gunung Dempo terletak di Kota Pagaralam dengan jarak tempuh darat sekitar 7 jam dari Kota Palembang, ibukota Provinsi Sumatera. Sesuai dengan namannya, Kota Pagaralam dikelilingi oleh pegunungan Bukit Barisan, kubun teh dan yang tertinggi adalah Gunung Dempo.

Saat berada di taman Gunung Dempo maka udara sejuk akan menyambut anda, hamparan kebun teh akan menyegarkan mata. Selain itu, di sekitar Gunung Dempo ini anda akan menemukan sejumlah objek wisata menarik lainnya, khususnya air terjun atau curug diantaranya Curug Embun, Mangkok, Putri, Tujuh Kenagan dan Maung.

 

  1. Danau Ranau
Gambar: https://zonabikers.com/menikmati-keindahan-danau-ranau-lampung/

Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua di Sumatera, terletak di perbatasan Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Provinsi Sumatera Selatan.

Danau Ranau adalah perbukitan yang berlembah hal ini praktis menjadikannya memiliki cuaca yang sejuk dan asri. Tepat di tengah danau terdapat pulau yang bernama Pulau Marisa.

Terdapat keunikan, di Danau Ranau terdapat mata air panas yang sering digunakan penduduk sekitar ataupun para wisatawan yang datang ke pulau tersebut terdapat penginapan dan air terjun. Danau ini menjadi objek wisata andalan dari Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan.

 

  1. Jembatan Ampera dan Sungai Musi
Gambar: http://infopublik.id/kategori/nusantara/395236/malam-pergantian-tahun-2020-jembatan-ampera-ditutup

Jembatan Ampera adalah sebuah jembatan yang sudah menjadi ikon dan lambang kota Palembang. Jembatan Ampera mulai dibangun pada tahun 1962, jembatan ini selesai dibangun dalam jangka waktu 3 tahun. Jembatan ampere menghubungkan antara Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang terpisahkan oleh Sungai Musi.

Sungai musi merupakan yang terpanjang di pulau Sumatera dan membelah Kota Palembang menjadi dua bagian. Sungai Musi disebut juga “Batanghari Sembilan” yang berarti Sembilan sungai besar adalah Sungai Musi beserta delapansungai besar yang bermuara di Sungai Musi.

Tinggalkan Komentar