Nostalgia Tahun 90an, Ini 7 Jajanan yang Bikin Kamu Kangen Masa SD

Foto : pinterest.com/lindameliaputri/

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Kenangan masa kecil tidak bisa ditinggalkan begitu saja, apalagi jika menyangkut hal-hal yang menyenangkan. Tahun 90an menjadi tahun kenangan bagi generasinya. Mulai dari suasana, orang-orang, sampai makanan yang ada pada tahun tersebut menjadi memori tersendiri saat ini.

Jajanan yang ada di tahun 90an saat ini sudah sangat jarang ditemukan, yang membuat kita ingin kembali ke masa itu. Terutama jajanan SD yang menarik minat untuk mencicipinya lagi. Berikut nostalgia jajanan tahun 90an yang bikin kamu kengen masa SD!

  1. Gulali

Foto : @sobatjajan.samarinda

Nah, jajanan manis satu ini tidak kalah penggemarnya dari permen-permen yang dibuat oleh pabrik. Gulali terbuat dari gula kental yang dipanaskan kemudian diberi pewarna makanan. Selain rasanya yang manis, penjual bisanya memiliki kreatifitas sendiri dalam membentuk permen ini menjadi bentuk-bentuk yang menarik. Biasanya gulali dapat dibentuk menjadi ayam jago, burung, kuda, dan terkadang bisa request juga lho.

  1. Es Tung Tung (Dung Dung)

Foto : instagram/viliaishere

Siapa yang mendengar suara penjual es ini lewat, langsung lari buat nyamperin abangnya? Yap es satu ini memiliki penggemarnya sendiri pada zamannya. Es tung tung biasanya dijual keliling atau di sekitar sekolah. Biasanya es ini dijual dengan cone kerupuk atau roti tawar, terkadang terdapat penjual yang menambah varian topping seperti susu atau agar-agar.

 

  1. Mie lidi

Foto : Tokopedia.com

Jajanan yang bentuknya mirip seperti sapu lidi ini memiliki bentuk panjang dengan tekstur yang renyah. Memiliki 2 varian rasa yaitu pedas dan gurih (asin) membuat pecinta camilan mi ini berkhayal seperti memakan sapu lidi.

  1. Es potong (Es Kado)

Foto : https://craftlog.com

Hampir sama seperti es tung-tung, jajanan es satu ini juga memiliki banyak penggemar dimasanya. Rasanya yang manis dan gurih selalu lumer di mulut. Es potong juga disajikan dengan celupan cokelat leleh yang langsung membeku jika es diangkat.

  1. Rambut Nenek

Foto : pinterest.com/lindameliaputri/

Jajanan yang jika sudah masuk mulut akan hilang secara ajaib dan meninggalkan rasa manis. Bentuk nya yang berserabut dan bewarna pudar mirip seperti rambut nenek-nenek.

Baca Juga:  Plecing Kangkung dan Ayam Taliwang Khas Nusa Tenggara Barat

Rambut nenek hampir sama seperti gulali namun sedikit berbeda cara pengolahannya. Biasanya juga rambut nenek ini disajikan dengan wafer.

  1. Coklat Legend

Foto : https://shopee.co.id/

Siapa yang sempat memakan coklat satu ini? Berarti kamu memang anak 90’an. Coklat yang sering diburu oleh penggemarnya ini memiliki 4 rasa, yaitu cokelat strawberry, cokelat vanilla, cokelat hijau, dan cokelat jeruk.

  1. Es Gabus

Foto : https://www.pinterest.com/ninikristinawati/

Sebenarnya es ini terbuat dari tepung hunkwe, santan, gula, dan lainya. Namun jika sudah dibekukan akan memiliki tekstur mirip seperti gabus atau kapas yang membuat es ini dijuluki es gabus. Jajanan es ini kerap digemari oleh anak sekolah karena rasanya yang gurih dan manis, terkadang diberi topping susu coklat dan meses.

Tinggalkan Komentar