Tips Untuk Kalian yang Malas Mengerjakan Skripsi dan Tugas Akhir

0
18

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM– Masalah terberat seseorang mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi atau tugas akhir adalah malas. Malas adalah suatu perasaan di mana seseorang akan enggan melakukan sesuatu, karena dalam pemikirannya sudah memiliki penilaian negatif atau tidak adanya keinginan untuk melakukan hal tersebut.

Kalau kalian malas mengerjakan skirpsi dan tugas akhir, hati-hati saja, bisa-bisa skripsi dan tugas akhirmu selesai dalam jangka waktu yang lama loh, pasti kalian tidak mau kan, kalau skripsimu dan tugas akhirmu terselesaikan lebih dari satu semester? Nah, rasa malas harus kita lawan. Yuk baca tips berikut ini agar kalian dapat menghilangkan rasa malas mengerjakn skripsi dan tugas akhir.

Jangan biasakan rasa malasmu masuk

Jangan izinkan rasa malas masuk ke dalam tubuh kita, ketika kamu mulai merasa malas, cepat-cepatlah tinggalkan apa yang sedang kamu lakukan, misalnya, kamu sedang berbaring di kasur sambil membuka sosial media. Tiba-tiba kamu memikirkan skripsi atau tugas akhir dan kamu malas untuk mengerjakannya, nah, ketika kamu mulai berfikiran malas untuk mengerjakannya, jika kamu merasakan ini, kamu harus buru-buru tinggalkan aktifitas tersebut dan mulailah mengerjakan skripsi atau tugas akhir.

Buat tenggant waktu

Buatlah deadline untuk mengerjakan skripsi atau tugas akhir, misalnya, untuk bab satu kamu mulai mengerjakan dari tanggal sekian hingga sepuluh hari kedepan. Bab dua dapat kamu kerjakan dakam waktu seminggu dan sterusnya. Tenggat waktu ini dilakukan agar kamu merasa bahwa kamu memiliki tanggungjawab yang segera diselesaikan.

Sering-sering ke perpustakaan

Ketika kamu dirumah, kamu akan merasa malas untuk mengerjakan apapun yang berkaitan dengan dunia kampus. Hal seperti itu sangat wajar, karena rumah merupakan tempat untukmu beristirahat. Mara dari itu, agar tidak merasa malas, coba datang ke perpustakaan untuk merasakan atmosfer belajarnya dan mencari referensi, sehingga ketika kamu mengerjakan di perpustaaan kamu akan lebih bersemangat mengerjakannya,

Baca Juga:  Eloknya Kawah Putih Di Ciwidey, Jawa Barat

Berkumpul dengan teman-teman yang memiliki semangat mengerjakan skripsi

Kenapa harus berkumpul dengan teman-teman yang memiliki semangat dalam mengerjakan skripsi, karena dengan berkumpul bersama mereka, kamu akan terpacu untuk mengerjakan skripsi. Jika kamu berkumpul dengan orang yang malas mengerjakan skripsi, kamu akan terbawa bermalas-malasan mengerjakan skripsi.

Buat jadwal bertemu dengan dosen pembimbing

Buatlah jadwal bertemu dengan dosen pembimbing yang cukup sering agar kamu dapat lebih sering bertukar pikiran dengan dosen pembimbingmu. Dengan sering bertemu dosen pembimbing akan membuatmu merasa bahwa kamu memiliki hal yang harus diselesaikan.

Cari motivasi

Motivasi datang dari dirimu sendiri tetapi kamu juga harus mencari motivasi lain dari luar hingga bisa membangkitkan motivasimu. Misalnya datang ke wisuda senior-seniormu atau teman-temanmu.

Datang ke acara wisuda pastinya akan merasa ingin merasakan hal yang sama dengan teman dan seniormu kan? Kamu pun ingin segera wisuda. Karena hal tersebut, kamu akhirnya terpacu atau termotivasi untuk segera menyelesaikan skripsimu.

Paksa dirimu untuk mengerjakan skripsi

Paksa dirimu untuk mengerjakan skripsi, kalau kamu membiarkan rasa malasmu hinggap didirimu, sampai kapan pun kamu tidak akan segera menyelesaikan skripsimu. Kalau kamu sudah merasa malas, paksa dirimu untuk bangun, buka laptopmu dan kerjakan skripsimu.

Jalani secara konsisten

Apapun yang kamu lakukan agar rasa malasmu hilang harus dilakukan sekonsisten mungkin. Kalau kamu tidak melakukannya secara konsisten, rasa malas tersebut akan terus datang ladi dan datang lagi.

Tinggalkan Komentar