Minuman Tradisional Bandrek dan Bajigur

0
91

Indonesia yang kaya ini tidak hanya kaya hasil bumi atau potensi wisata, tapi keberagaman kuliner khasnya amat menarik untuk sekedar disimak tapi wajib dicicipi. Anda tentu sudah tahu minuman tradisional yang namanya bandrek dan Bajigur, minuman jahe tradisional ini dikenal berasal dari Jawa Barat. Apa sih Bandrek dan Bajigur itu ?

Bandrek

776162806_1361668723

Bahan dasar minuman ini adalah jahe plus gula aren, namun kemudian dicampur rempah-rempah lainnya sehingga memperkuat karakter minuman bandrek itu sendiri. Biasanya Bandrek ini ditambahkan lada, cengkeh, kayu manis, dan lain-lain, selain itu ada penambahan daging kelapa juga di dalamnya, jika selera bisa ditambahkan susu untuk menambah cita rasa supaya lebih “nendang” saat diminum. Minuman ini berkhasiat menghangatkan badan dan mengusir masuk angin juga perut kembung, cocok diminum saat malam hari atau udara dingin.

Bajigur

Bedanya dengan Bandrek, kalau bajigur selain tentunya memakain komponen jahe dan gula aren, ditambahkan santan serta daun pandan pada racikannya, campuran rempah-rempahnya lebih sedikit, dan biasanya ditambahkan kolang-kaling atau jelly sebagai pelengkap. Lebih mantap jika dinikmati bersama sepiring gorengan atau ubi rebus. Lebih nikmat diminum hangat tapi boleh juga dinikmati dingin. Bajigur juga punya khasiat seperti Bandrek sebagai minuman pengusir masuk angin, melegakan tenggorokan, menghangatkan badan dan mengatasi perut kembung, apalagi menggunakan bahan-bahan herbal yang tidak berbahaya membuat minuman ini menjadi

1289384875detail_TI0410_BAJIGUR_PRY-NO_02favorit siapapun. Kini semakin berkembangkanya jaman sudah mulai banyak tersedia minuman Bandrek atau Bajigur yang dibuat lebih praktis, sudah berupa bubuk yang dikemas dalam bungkus plastik. Untuk menikmati Bandrek dan Bajigur instan ini anda cukup menyeduhnya dengan air panas dan minuman tradisional ini pun siap dinikmati. Kembali lagi ke selera anda masing-masing, lebih suka yang praktis atau meski sedikit repot namun asli. Selamat Menikmati. (Arisca Meir/inloveindonesia.com) (Foto: bubbleews.com; warungfiksi.net)

Tinggalkan Komentar