Pantai Boom, Wisata Pinggir Pantai di Tuban

0
27

Tuban tak hanya populer dengan Ziarah Makam atau wisata walisongonya saja, Sunan Bonan. Tuban ternyata memiliki beberapa objek wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Tuban memiliki objek wisata berupa pantai yang cukup indah dan menarik, namanya Pantai Boom.

Kabupaten Tuban yang letaknya berada di pesisir utara Pulau Jawa ini sangat jeli dalam memanfaatkan keindahan pantainya sebagai objek wisata. Pantai Boom sendiri terletk di lokasi yang sangat strategis. Letaknya berada tidak jauh dari alun-alun kota membuat pantai ini sangat mudah dijangkau oleh kendaraan apapun.

Dulunya Pantai Boom adalah sebuah pelabuhan kuno di masa kejayaan Kerajaan Majapahit, dan juga merupakan tempat singgah para pedagang dan saudagar antar daerah dan negara. Namun seiring bubahnya zaman, fungsi pantai  ini pun berubah. Kini pantai ini berubah menjadi tempat wisata yang begitu indah dengan jerih payah pemerintah daerah untuk mempercantik objek wisata pantai ini.

Sesaat setelah memasuki pintu gerbang Pantai Boom, Anda sudah disuguhi karya arsitektur indah berupa relief tentara tar-tar di sebelah kiri gerbang dan relief Ronggolawe di sebelah kanannya. Relief-relief tersebut menceritakan tentang tentara tar-tar yang pernah mendarat disini dan merupakan sejarah Tuban sendiri.

Tidak jauh dari pintu masuk terdapat sumber air tawar yang mengalir terus menerus dari sela-sela batu karang. Anda diperbolehkan mengambil sumber air tersebut untuk dibawa pulang.

Di dalam kawasan pantai, anda akan sepintas teringat dengan Pantai Losari di Makassar, konsepnya hampir mirip dengan Pantai Losari. Disini anda akan menjumpai taman-taman asri yang dihiasi oleh pohon-pohon yang rindang. Di taman ini, anda bisa berolahraga seperti jogging ataupun sekadar berjalan kaki mengelilingi taman.

Baca Juga:  Pulau Kadidiri, Surganya Para Penyelam

Di sekitar pantai terdapat sebuah jalan yang menjorok ke laut. Jalan ini biasanya digunakan oleh pengunjung untuk bersantai dan menikmati panorama laut ditemani hembusan angin sepoi-sepoi. Disini juga terdapat beberapa gazebo cantik yang bisa digunakan sebagai bersantai sambil melihat pemandangan saat matahari terbit ataupun terbenam. Anda juga bisa menghabiskan waktu disini dengan memancing ikan di tepi pantai. Selain itu disini tersedia perahu nelayan yang bisa disewa untuk mengelilingi Pantai Boom.

Untuk memasuki kawasan Panti Boom, anda cukup membayar retribusi sebesar Rp 2.500 per orang, anda pun bisa menikmati keindahan Pantai Boom sepuasnya. Jika anda dari Surabaya, waktu tempuh dari Surabaya ke pantai ini sekitar 3 jam perjalanan. (ensiklopediaindonesia.com)

Tinggalkan Komentar