Air Terjun Saluopa

0
31

Mungkin bagi sebagian orang, jika mendengar kata ‘Sulawesi’ maka yang akan terlintas adalah destinasi-destinasi wisata di Sulawesi Selatan seperti Kota Makassar atau Taman Laut Bunaken. Tapi jangan lupa, Sulawesi itu tak hanya Sulawesi Selatan, masih ada Sulawesi Tengah dan Sulawesi Utara. Kalau kebanyakan destinasi wisata di Sulawesi Utara dan Sulawesi Selatan adalah daerah pantai dan laut, maka agak berbeda jika Anda berkunjung ke Sulawesi Tengah.

Air terjun Saluopa, inilah salah satu destinasi wisata favorit para turis domestik maupun mancanegara yang berada di Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah. Air terjun Saluopa mengalir dari mata air yang berada di puncak gunung. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter.

Karakter yang dimiliki Air terjun Saluopa memang berbeda dengan air terjun yang memiliki ketinggian lebih dari 50 meter.  Aliran air dari Air terjun Saluopa tidak langsung jatuh ke bawah, tetapi ia mengalir melewati batuan gunung sebanyak 12 tingkatan yang mengalir deras. Aliran airnya akan berakhir di sungai kecil Desa Leboni.

Air terjun Saluopa terletak di Desa Leboni, Kecamatan Pamona Pusalemba, Kabupaten Poso atau sekitar 14 kilometer dari Kota Tentena. Air terjun ini juga memiliki tempat permandian yang berada di tingkat 11.

Baca Juga:  Menilik Mekarnya Bunga Sakura Di Kebun Raya Cibodas

Tinggalkan Komentar