6 Manfaat Air Kelapa Bagi Tubuh

0
38

Hidup di negara tropis seperti Indonesia, memang memiliki banyak keuntungan. Apalagi jika behubungan dengan keragaman fauna yang ada. Salah satu fauna yang paling menggambarkan daerah tropis adalah pohon kelapa.

Semua bagian pohon kelapa bisa dimanfaatkan. Mulai dari batang hingga daunnya dan buahnya. Tak heran, jika Pramuka menggunakan simbol tunas kelapa karena keistimewaannya ini. Terlebih air kelapa yang ternyata mengandung berbagai manfaat yang tidak terduga bagi ubuh manusia. Berikut beberapa manfaat air kelapa:

Pengganti Cairan Tubuh

Dibanding air putih biasa, air kelapa dapat memberi efek hidrasi pada tubuh. Artinya lebih baik dalam menggantikan cairan tubuh yang hilang, sebab kadar gulanya sangat rendah dan memiliki mineral yang dibutuhkan tubuh.

Memperlancar Pencernaan

Sering mengalami masalah sembelit dan susah buang air besar? cobalah untuk rutin meminum air kelapa. Karena mengandung konsentrasi tinggi serat, air kelapa dapat membantu proses pencernaan dan mengurangi kelebihan asam dan gas di lambung.

Menurunkan Tekanan Darah

Air kelapa dipercaya bisa menurunkan tekanan darah, terlebih bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi. Mereka yang terbiasa mengonsumsi air kelapa, memiliki tekanan darah yang lebih seimbang.

Cocok dengan Kondisi Manusia

Isotonik dalam air kelapa mudah diterima banyak orang dengan berbagai kondisi kesehatan, maka air kelapa menjadi bahan yang sering digunakan dalam hal darurat. Misalnya saja saat seseorang keracunan, maka air kelapa muda sering dipakai.

Kulit Lebih Bercahaya

Memiliki masalah jerawat atau noda? Coba ambil kapas dan basahi dengan air kelapa. Kompres di bagian bernoda atau jerawat secara rutin, maka masalah kulit Anda akan teratasi. Jika diminum, air kelapa juga bisa membuat kulit lebih berkilau.

Baca Juga:  Sering Sakit Maag? Atasi dengan 6 Cara Ini

Kaya Nutrisi

Berbeda dengan minuman lain termasuk minuman kesehatan, air kelapa mengandung elektrolit yang penting untuk tubuh manusia, antara lain: kalsium, magnesium, fosfor, kalium dan natrium. Karena komposisi yang unik, air kelapa dapat dinikmati oleh individu dengan berbagai kondisi medis.

Tinggalkan Komentar