Mie Aceh, Special Culinary dari Negeri Serambi Mekkah

0
33

Pada dasarnya, jenis makanan khas asal Aceh tidak berbeda jauh dari makanan khas yang ada di daerah lain, tetapi tidak soal citarasa yang ditawarkan. Makanan khas Aceh memiliki citarasa yang berbeda, meskipun secara garis besar, bumbu yang digunakan untuk setiap olahan masakannya sama dengan bumbu untuk membuat masakan di daerah lain, tetap saja ada kekhasan yang tidak bisa diterjemahkan dengan sekadar kata-kata. Ada sebuah nilai yang berbeda ketika kita menyantap makanan khas yang lahir dari sebuah budaya atau tradisi.
Mie adalah makanan asal Asia yang berhasil go international dan terkenal. Sejak ribuan tahun lalu mie diciptakan di negeri China dan terus beradaptasi dengan berbagai bangsa. Di Indonesia, mie dimodifikasi menjadi beragam masakan. Ada mie aceh, mie makassar, sampai mie item dan mie dari sayuran yang unik. Fenomena mie instan dimana konsumsi mie instan per orang di Indonesi adalah 75 bungkus perbulan yang akhirnya memunculkan berbagai merek di pasar dan gencarnya program marketing dari produsen mulai dari iklan mencerminkan mie memang jenis makanan yang fenomenal di Indonesia.
Mie-nya berwarna kuning menyala. Kuah kentalnya yang berwarna cokelat mengeluarkan aroma seafood dan bumbu yang kuat, sesuai dengan citarasanya yang juga garang. Secara umum, rasanya seperti kari, tetapi dengan kombinasi bawang merah yang lebih terasa.
Mie Aceh tersedia dalam dua pilihan. Goreng dan kuah. Pelanggan bisa bebas memilih mie mana yang akan dicicipi. Keduanya memiliki citarasa yang lezat,  karena Mie Aceh ini diracik dengan bumbu-bumbu khas Aceh.
Bumbu yang digunakan dalam pembuatan Mie Aceh ini semacam kari. Citarasa semakin lezat ketika bahan-bahan seperti daging sapi atau makhluk-makhluk laut (udang, cumi dan ikan) ikut serta dicampurkan sebagai bahan pelengkap. Aroma masakan ini semakin canggih ketika ditaburi oleh bawang goreng, daun bawang, dan seledri.
Mie Aceh cocok disantap saat cuaca sedang dingin, terutama Mie Aceh Kuah. Kuah dalam setiap porsinya akan berhasil menghangatkan badan Anda. Menyantap Mie Aceh semakin sempurna ketika Anda melengkapinya dengan emping goreng, potongan bawang merah dan mentimun, serta membubuhkan sedikit air perasan jeruk nipis. (Hikari/inloveindonesia.com)

Tinggalkan Komentar