10 Kuliner Khas Aceh dengan Cita Rasa Menggoda

1
31
khas aceh
Foto : resepasia.com

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Aceh yang kondang dengan julukan Serambi Mekkah ini mempunyai adat dan budaya yang kaya dan unik. Hal ini tercermin dari berbagai kuliner khas Aceh yang lezat dan banyak digemari. Berbagai makanan tradisional khas Aceh bisa Anda cicipi saat Anda berkunjung ke sana. Berikut 10 makanan khas Aceh yang patut Anda cicipi.

1. Mie Aceh

kuliner khas aceh
Foto: qraved.com

Mie Aceh merupakan salah satu ikon makanan khas Aceh yang paling terkenal. Mie ini disajikan dalam dua varian, yakni digoreng dan menggunakan kuah. Biasanya, kuliner yang satu ini dilengkapi dengan berbagai topping mulai dari daging sapi, kepiting, dan juga seafood.

2. Rujak Aceh

kuliner khas aceh
Foto: merahputih.com

Kuliner khas Aceh yang satu ini cocok bagi Anda yang ingin mencicipi makanan yang menyegarkan. Rujak khas Aceh ini dibuat dari buah rumbia yang banyak ditemukan di Aceh dan disirami dengan saus rujak. Makanan yang satu ini biasanya disajikan dingin dan dilengkapi dengan parutan es. Jadi, rasanya makin menyegarkan.

3. Kuah Pliek U

kuliner khas aceh

Panganan yang satu ini merupakan makanan khas Aceh Barat. Masakan berkuah ini terdiri dari sayuran yang mempunyai filosofi yang dalam. Kuah Pliek U ini adalah lambang dari kekerabatan yang erat dan keberagaman masyarakat Aceh yang disatukan ke dalam sebuah kuali besar.

4. Kue Timphan

Foto: portalsatu.com

Kue timphan merupakan salah satu varian kue tradisional khas Aceh yang memiliki tekstur kenyal. Kue ini diolah dengan cara dibungkus daun pisang muda. Biasanya, kue yang satu ini hanya ditemukan saat Hari Raya Idul Fitri atau Hari Raya Idul Adha.

5. Nasi Gurih

Foto: wisataku.id

Jika Anda pernah memakan nasi uduk, maka nasi gurih ini mungkin akan terasa familier karena resepnya tidak jauh beda dengan nasi uduk. Nasi gurih khas Aceh ini sering disajikan dengan berbagai lauk pauk seperti telur dadar, ikan lado, ikan goreng, dan lain sebagainya yang membuatnya makin nikmat.

Baca Juga:  Icip-icip Bakmi Legenda di Yogyakarta

6. Sie Reuboh

Foto: steemit.com

Sie Reuboh merupakan salah satu warisan kuliner khas dari Aceh Besar yang memiliki cita rasa yang khas. Kuliner yang satu ini dibuat dari daging sapi rebus dilengkapi dengan bumbu-bumbu khas Aceh. Kuahnya terasa gurih dan daging sapinya empuk dan lezat.

7. Ungkot Kemamah

Foto: steemit.com

Makanan yang satu ini dibuat dari ikan tuna yang sebelumnya sudah direbus dan dikeringkan. Kemudian, masakan khas Aceh ini diolah menggunakan santan kelapa, cabai hijau, kentang, dan berbagai bumbu rempah sehingga menghasilkan cita rasa yang menarik dan juga menggoda lidah.

8. Kopi Aceh

Foto: bukalapak.com

Kopi Aceh adalah salah satu kopi khas Nusantara yang sudah tersohor sampai mancanegara. Kopi ini mempunyai cita rasa dan aroma yang kuat. Anda bisa menemukan kopi khas Aceh ini dapat mudah ditemukan di berbagai kedai kopi yang ada di Aceh.

9. Ayam Tangkap

Foto: masakapahariini.com

Makanan khas Aceh lain yang patut Anda cicipi adalah ayam tangkap. Kuliner ini dibuat dari potongan ayam yang digoreng, dilengkapi dengan daun teumura dan cabai hijau yang dioseng dengan ayam dan ditaburi dengan bawang goreng.

10. Pacri Nanas

Foto: idntimes.com

Pacri nanas ini diolah bersama kayu manis, merica, kapulaga, bunga lawang, cengkeh, cabai merah, dan bawang. Sehingga, makanan yang satu ini memiliki cita rasa yang sangat khas untuk dicicipi.

Itu dia 10 kuliner khas Aceh dengan berbagai jenis dan cita rasa yang dijamin mampu menggoyang lidah. Jangan lupa untuk mencicipi berbagai kuliner tersebut saat Anda singgah di Kota Serambi Mekkah tersebut.

Tinggalkan Komentar