Yuk Cobain 7 Kuliner Legendaris di Bali Ini

1
321
kuliner legendaris di Bali
Foto: pegipegi.com

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Traveling dan wisata kuliner merupakan satu paket yang tidak dapat dipisahkan saat seseorang liburan. Bagi Anda yang akan liburan ke Bali dalam waktu dekat, jangan hanya sibuk menjelajah kota atau alamnya saja. Namun, Anda juga wajib mencicipi wisata kuliner khas di Bali di beberapa tempat makan legendaris berikut ini.

1Warung Mak Beng

Foto: demenmakan.com

Konon, sebelum Indonesia merdeka, warung makan ini sudah berdiri menyajikan sajian ikan segar. Tepatnya, warung ini sudah ada sejak tahun 1941. Warung makan ini sudah puluhan tahun menjadi idola masyarakat Bali, karena memang memiliki menu andalan dengan semua yang berbahan ikan.

Di sini ada ikan kerapu, ikan tuna, sampai beberapa jenis ikan segar lainnya. Dahulu, warung ini didirikan oleh Ni Ketut Tjuki alias Mak Beng, dan pada tahun 2004 warung ini diteruskan oleh salah satu cucu Tjuki yakni Agus Mahendra. Warung Mak Beng ini berlokasi di Jalan Hang Tuah, jalan menuju Pantai Sanur. Salah satu menu populer di tempat makan ini adalah sup kepala ikan serta ikan goreng yang dipadukan dengan sambal.

2Warung Men Weti

Foto: ulinulin.com

Warung yang berlokasi di Jalan Segara Ayu, Sanur, Bali ini sudah berdiri sejak tahun 1970. Salah satu menu legendarisnya adalah nasi campur, yang selalu diburu oleh masyarakat lokal dan turis hingga antri. Dengan warung yang berukuran 3 x 3 meter, berbagai macam lauk disajikan di sini. Anda bisa memakannya langsung di warung atau juga dipesan bungkus.

Pada bulan April 2017, Men Weti meninggal dunia. Lalu, usaha ini diteruskan oleh anaknya, I Nyoman Sukadana alias Men Rame. Satu porsi nasi Bali ini disajikan dengan berbagai pelengkap mulai dari telur rebus, jukut urap, suwiran ayam, kacang goreng, sambal, sampai kulit ayam goreng. Dijamin nikmat!

3Sate Plecing Arjuna

Foto: goodindonesianfood.com

Salah satu tempat kuliner legendaris di Bali yang patut Anda kunjungi adalah warung sate Arjuna. Seperti namanya, warung ini berlokasi di Jalan Arjuna No. 47, Daun Puri Kaja, Denpasar Utara. Sate Plecing khas Bali ini diracik dengan sambal berempah khas Bali yang dibuat dari campuran bawang putih, kemiri, dan terasi. Lalu, disiram dengan perasan jeruk limau dan minyak panas.

Terdapat beberapa jenis sate plecing yang bisa Anda nikmati. Mulai dari plecing babi, ayam, dan sapi. Warung sate ini dibuka pertama kalu di tahun 1990-an oleh sepasang suami istri bernama Tjo Hok Tjiang dan Tjwie Giok. Sampai sekarang, keduanya masih mengawasi kualitas rasa kuliner di warungnya sehingga masih sama rasanya dengan yang dulu.

4Ayam Betutu Men Tempeh

Foto: wap.mi.baca.co.id

Warung makan dengan sajian utama ayam betutu ini sudah buka sejak tahun 1990-an. Di sini, Anda bisa meniknati menu andalan ayam betutu kuah dan betutu goreng. Menu ayam betutu di sini menggunakan ayam kampung, maka tidak heran jika betutu Men Tempeh makin banyak disukai.

Tempat makan ini berlokasi di Gilimanuk, Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali. Ayam kampung yang dipadukan dengan rempah khas Bali, lalu dimasak hingga empuk, membuat sajian betutu semakin lezat untuk disantap. Apalagi, jika ditambah dengan nasi hangat.

5Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

Foto: ksmtour.com

Tempat makan yang satu ini menyajikan nasi campur Bali yang sangat diburu oleh wisatawan. Awalnya, warung ini didirikan di Desa Kedewata Ubud pada tahun 1970-an. Saat ini, Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku ini dapat Anda temui di beberapa tempat seperti Gianyar hingga Jalan Tukad Badung No. 11 Renon, Denpasar.

Saat ini usaha ini dijalankan oleh generasi kedua dari Ibu Mangku. Di sini, nasi ayam dikombinasikan dengan ayam suwir, ayam betutu, dan juga sayur urap. Warna ayam suwirnya berwarna merah karena dipadukan dengan cabai merah keriting, ketumbar, merica, bawang merah, dan juga bawang putih.

6Murni’s Warung

Foto: whatsnewbali.com

Murni’s Warung ini didirikn oleh Ni Wayan Murni, dan sudah buka dari tahun 1974. Warung makan ini berada di pinggiran bukit yang berseberangan dengan museum dan tempat tinggal dari pelukis bernama Antonio Blanco.

Menu makanan yang disediakan warung kuliner legendaris di Bali ini berupa bebek betutu. Menu bebek betutu ini dipadukan dengan urap sayiran, srombotan, dan nasi kuning dan dilengkapi dengan lalapan seperti irisan mentimun dan tomat. Walaupun sudah lama buka, cita rasa dari kuliner ini tidak berubah sejak 40 tahun ini.

7Warung Wardani

Foto: kintamani.id

Nasi campur yang merupakan kuliner khas Bali menjadi sajian utama dari warung ini. Di sini juga ada nasi campur yang halal dan dikenal di kalangan warga lokal Bali. Warung makan Wardani ini terlihat sederhana, tidak ada AC, dan semua menu ditaruh di lemari display kaca. Menu yang tersedia antara lain seperti sate lilit, dendeng sapi, udang goreng tepung, dan lain sebagainya.

Nah, itu dia ulasan mengenai 7 kuliner legendaris di Bali yang patut Anda cicipi. Saat ke Bali, jangan lupa untuk menyempatkan diri mampir ke warung-warung makan legendaries tersebut. Dijamin, wisata Anda di Bali makin berkesan.

Tinggalkan Komentar