Sering Sakit Maag? Atasi dengan 6 Cara Ini

0
107
sering sakit maag
Foto: rilis.id

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Apakah Anda sering sakit maag? Jika iya, Anda perlu menghindari berbagai makanan yang dapat memicu penyakit maag tersebut kambuh. Anda perlu makan dalam porsi kecil dan menghindari untuk langsung berbaring sesudah makan. Selain itu, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk meredakan gejala sakit maag Anda.

1. Batasi Konsumsi Minuman Bergula dan Karbohidrat

Foto: hellosehat.id

Penyebab utama sakit maag adalah makan makanan yang mengandung terlalu banyak karbohidrat dan gula. Rasa mulas pada perut bisa diredakan dengan mudah dengan diet rendah karbohidrat. Asam lambung yang rendah dan juga terlalu banyak karbohidrat dapat menjadi akar penyebab nyeri pada perut bagian atas.
Karbohidrat bisa diferementasi di dalam perut dan menghasilkan gas. Sehingga, meningkatkan tekanan di dalam perut dan menyebabkan gas, kembung, bau mulut, dan gangguan pencernaan. Selain itu, hal ini juga dapat menyebabkan masalah pencernaan lain di dalam usus yang lebih parah.
Sebaiknya, Anda mengonsumsi teh, smoothies, milkshake, dan jus, serta minuman dari buah-buahan non-asam yang alami.

2. Makan Lebih Banyak Lemak Tradisional dan Protein

Foto: dlife.com

Protein dan lemak tradisional mempunyai lebih banyak gizi. Selain itu, kedua komponen ini juga mencegah Anda untuk mengonsumsi makanan bergula dan karbohidrat olahan. Lemak memiliki efek magis anti-inflamasi pada lapisan saluran pencernaan. Sedangkan protein berkontribusi untuk membantu pencernaan.
Dengan banyak mengonsumsi protein, kelebihan asam lambung yang ada di perut Anda dapat digunakan untuk mencerna protein, bukan naik ke kerongkongan Anda. Sebaiknya, Anda makan daging, ikan, telur organik, susu asli, minyak dengan kualitas baik, serta kacang dan biji-bijian utuh.

3. Batasi Jumlah Gluten dalam Makanan yang Anda Konsumsi

Foto: todayifoundout.com

Gluten merupakan protein dasar yang bisa Anda temukan di dalam gandum. Gluten memiliki kandungan yang terdiri dari beberapa protein kompleks yang sulit untuk sistem pencernaan Anda. diet bebas gluten memang bisa menyebabkan penurunan energi, namun Anda bisa memulai dengan dua minggu percobaan diet bebas gluten untuk meredakan maag.

Baca Juga:  Obat Alami yang Ampuh Sembuhkan Sakit Gigi

4. Hindari Makan Malam dalam Porsi Besar

Foto: idntimes.com

Para ahli mengatakan ada baiknya untuk makan malam setidaknya dilakukan dua atau tiga jam sebelum tidur untuk mengurangi asam lambung. Selain itu, hal tersebut juga bertujuan untuk sedikit mengosongkan perut sebelum tidur. Makan malam dalam porsi besar bisa memberi tekanan dalam perut, sehingga menyebabkan rasa yang tidak nyaman.

5. Mengonsumsi Kaldu Tulang

sering sakit maag
Foto: https://magazine.job-like.com

Anda bisa mengonsumsi kaldu tulang buatan sendiri untuk menenangkan dan juga meringankan lapisan saluran pencernaan. Tulang memiliki kandungan mineral, amino, dan gelatin yang bersifat anti-inflamasi, sehingga dapat memberikan Anda jumlah protein yang sehat.
Protein lain yang bisa Anda konsumsi untuk meredakan sakit maag antara lain seperti ikan, seafood, dan ayam.

6. Mengonsumsi Makanan dan Minuman Fermentasi

sering sakit maag
Foto: platingsandpairings.com

Pencernaan Anda bisa menjadi lebih baik apabila Anda mengonsumsi lebih banyak makanan dan minuman yang telah difermentasi. Miliaran bakteri baik pada makanan dan minuman yang sudah difermentasi dapat memudahkan pencernaan dalam mencerna makanan. Selain itu, bakteri-bakteri baik tersebut juga dapat meringankan gejala sakit maag dan masalah pencernaan lainnya.

Nah, itu dia ulasan mengenai 6 cara meredakan gejala maag. Bagi Anda yang sering sakit maag, ada baiknya Anda menghindari makanan berlemak, kafein, dan gula. Sebaliknya, ringankan kerja lambung Anda dengan mengonsumsi makanan rendah lemal dan makanan yang kaya akan serat, sehingga dapat menyerap asam yang terdapat pada lambung Anda.

Tinggalkan Komentar