7 Cara Jitu Mengatasi Stres dengan Mudah dan Efektif

0
77
mengatasi stres dengan mudah
Foto: doktersehat.com

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – Apakah Anda sedang stres dan banyak pikiran? Jangan didiamkan begitu saja. Stres yang dibiarkan berlarut-larut dapat mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan. Mulai dari menurunkan nafsu makan, mengganggu pola tidur, menyebabkan sakit kepala, hingga menurunkan daya tahan tubuh.
Maka dari itu, penting bagi kita untuk menggatasi stres tersebut. Berikut 7 cara jitu untuk mengatasi stres dengan mudah dan efektif yang bisa Anda lakukan.

1Seimbangkan Antara Pekerjaan dan Keluarga

Foto: aqrab.blogspot.com

Apabila stres Anda lebih banyak disebabkan oleh urusan pekerjaan, maka coba cerna kembali. Apakah selama ini Anda terlalu banyak menghabiskan waktu di kantor? Jika iya, Anda perlu mengkaji kembali manajemen waktu Anda.
Ada baiknya Anda berupaya untuk menyeimbangkan antara waktu untuk pekerjaan dan keluarga yang ada di rumah. Luangkan waktu lebih banyak untuk bersenang-senang di rumah, bisa dengan sekadar berbincang ringan dengan pasangan atau keluarga.
Melakukan hal-hal yang menggembirakan bersama keluarga merupakan salah satu cara ampuh mengatasi stres dengan mudah akibat pekerjaan yang menumpuk.

2Lakukan Hobi Anda

Foto: mediadatar.com

Apakah Anda memiliki hobi tertentu? Nah, ini waktunya untuk menyediakan waktu lebih banyak untuk melakukan hobi Anda. Anda bisa melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan seperti mendengarkan musik, membaca buku, menonton film, berkebun, dan lain sebagainya.
Intinya, Anda perlu mencoba untuk terlibat dalam berbagai aktivitas yang bisa membuat Anda lebih senang dan gembira. Asalkan masih di koridor yang positif ya.

3Tidur yang Cukup

Foto: hellosehat.com

Apakah Anda sering begadang? Kemungkinan hal itulah yang membuat stres Anda makin menjadi. Jika tubuh kurang tidur, maka tubuh tidak bisa mengatasi stres dengan baik. Jadi, ada baiknya Anda meluangkan waktu lebih banyak untuk beristirahat.
Dengan begitu, tubuh Anda akan memiliki metabolisme yang lebih baik. Selain itu, produksi hormon yang dapat lebih seimbang. Namun, jika stres yang Anda alami justru membuat Anda insomnia, ada baiknya Anda melakukan hal-hal yang dapat meredakan stres seperti minum susu hangat, mendengarkan musik klasik, dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Tips Ampuh Mengatasi Sakit Tenggorkan

4Cari Lingkungan yang Sportif

Foto: idntimes.com

Cara mengatasi stres dengan mudah lainnya adalah dengan mencari lingkungan yang dapat memberi dukungan positif ke Anda. Teman-teman dan lingkungan membawa pengaruh yang besar bagi seseorang yang sedang stres.
Apabila Anda justru memilih sendirian, maka hal tersebut bisa membuat stres terasa semakin berat. Maka dari itu, agar stres mereda, carilah lingkungan yang benar-benar mendukung Anda. Setidaknya, Anda perlu mendapatkan teman yang dapat mendengarkan keluhan dengan baik.

5Lakukan Pola Makan Sehat

Foto: cintaihidup.com

Jika kita terbiasa dengan pola makan yang berantakan, maka ada baiknya Anda mulai membiasakan makan teratur. Sebelum bekerja, siapkan bekal dari rumah dengan memasak atau membeli makanan yang sehat.
Tubuh yang kebutuhan gizi dan nutrisinya terpenuhi dengan baik akan menjadi lebih berenergi dan lebih mampu beradaptasi dengan masalah. Maka dari itu, biasakan untuk sarapan secara rutin, makan buah dan sayur lebih banyak, minum lebih banyak air putih, dan hindari makanan olahan bergula.

6Olahraga Secara Teratur

Foto: patinews.com

Berolahraga secara teratur tidak hanya bagus untuk fisik, namun juga baik untuk psiksi. Jika Anda aktif secara psikis dan rutin menggerakkan tubuh secara teratur, maka hal tersebut dapat menyeimbangkan sistem saraf dan juga meningkatkan sirkulasi darah.
Dan pada akhirnya, kebiasaan berolahraga secara teratur bisa membantu menghilangkan hormon stres dan membuat tubuh Anda menjadi lebih rileks. Untuk mendapat hasil yang maksimal, lakukan olahraga di luar ruangan saat pagi hari.

7Minta Bantuan Terapis

Foto: ruangtumbuh.id

Jika stres, cemas, dan rasa jenuh yang Anda alami sudah terlampau kompleks dan beberapa cara di atas tidak berhasil, maka jangan ragu untuk meminta bantuan dari tenaga profesional. Misalnya saja dari konselor, psikolog, hingga terapis. Adakan janji temu untuk konsultasi dan membicarakan stres dan masalah yang Anda alami agar dapat teratasi.

Baca Juga:  Sehatkan Otakmu dengan Cara Sederhana Ini

Nah, itu dia ulasan mengenai cara jitu dalam mengatasi stres dengan mudah dan efektif. Dengan cara-cara di atas, Anda bisa mengatasi stres dan cemas yang menghantui pikiran Anda. Jangan ragu untuk menceritakan masalah Anda pada teman terpercaya atau para ahli agar stres Anda dapat diminimalisir. Jangan lupa untuk bahagia.

Tinggalkan Komentar