Goa jomblang, Light Paradise in Underground

0
32

Mengabadikan seberkas cahaya surga ketika menelusuri goa jomblang, nampaknya kalimat yang pas menjadi “julukan” jelajah goa jomblang kali ini, cahaya tanpa batas dengan dramatis dapat dilihat menghujam dasar goa, menjadi pengobat rasa letih ketika para penjelajah sekedar singgah untuk duduk bersandar.
 
Untuk sampai kelokasi dan menelusuri goa tentu menguras stamina anda, tetapi semua itu akan terbayarkan ketika anda sampai kedasar gua, pemandangan alam ketika cahaya menembus dasar gua merupakan sebuah tujuan utama para penjelajah ekstrim ini, Selain dituntut stamina yang kuat, waktu yang luang juga dituntut berkantong tebal. Untuk berpetualangan di goa ini dibutuhkan waktu lebih dari 5 jam. Wisatawan akan turun goa dengan rappelling dan naik dengan SRT.  Jika ada bisa masuk goa ini pada jam 11.00 – 13.00 dengan kondisi cuaca cerah anda akan menikmati siluet yang cantik dari dalam goa. Di goa ini juga terdapat hutan purba bawah tanah yang konon merupakan hutan purba yang bawah tanah terbaik no.3 di dunia. Petualangan ke Goa ini dibandrol dengan Rp. 450.000,00 per orang. gua ini mempunya tiga lorong, dengan setiap lorong mempunya karakteristik  yang sama berhisakan ornamen alam stalagtit di langit langit gua, serta dinding gua menyerupai cekungan landai dan beberapa sisi lain cekungan terjal
 
di beberapa lorong terdapat air yang menggenangi dengan dasar yang berlumpur dan satu lorong yang di aliri sungai. uniknya salah satu lorong gua ini terhubung dangan gua yang lain atau masyarakat menyebutnya gua grubug yang berjarak 300m dari lokasi gua jomblang.
 
Menjajal sensai vertikal merupakan tatangan utama para caver, dengan kedalam 50 meter serta diameter goa hingga 85 meter, tentunya diperlukan pengalaman dan keahlian untuk menuruni gua tersebut, anda dapat menuruni goa dengan rappeling katrol serta menuruninya perlahan dengan jarak per 20 meter dengan manual dropping down, para pemandu akan membantu anda untuk sampai ke dasar goa.
 
Rute perjalanan lokasi gua jomblang
Lokasi gua ini tidak begitu jauh dari yogyakarta hanya 45 km, terletak di kabupaten wonosari, Kecamatan semanu posisi guanya sendiri berlokasi di dusun pacar rejo. untuk sampai disini ambilah rute terdekatpayungan-gedang sari-wonosari-semanu, dari semanu anda tidak jauh lagi, hanya beberapa kilometer saja.
 
sumber: gunungkidulwisataku.com, oladoo.com

Baca Juga:  Bukit Bintang, Menikmati Indahnya Malam di Jogja

Tinggalkan Komentar