Hari Tari Sedunia, Berikut 4 Tarian Indonesia Yang Mendunia

0
61
hari tari sedunia
Foto : rentalmobilbali.net

ENSIKLOPEDIAINDONESIA.COM – 29 April diperingati sebagai hari tari internasional yang diperingati di seluruh dunia. Dilansir dari bisnis.com, perayaan global ini dibuat oleh Komite Tari dari International Theatre Institute (ITI) yang merupakan mitra utama untuk seni pertunjukkan UNESCO. Dengan hari tari sedunia ini diharapkan dapat mendorong partisipasi dalam pendidikan dalam tarian melalui acara serta festival yang diadakan di seluruh dunia.

Berbicara mengenai tarian, Indonesia yang memiliki sejuta keanekaragaman budaya memiliki banyak tari-tarian yang sangat menarik untuk dipelajari. Keindahan dan keunikan tarian Indonesia telah diakui dalam kancah internasional. Berikut adalah 5 Tarian Indonesia Yang Mendunia :

  1. Tari Saman
hari tari sedunia tari saman
Foto : bisniswisata.co.id

Tari Saman merupakan tarian tradisional melayu asal Aceh Tenggara lebih tepatnya di dataran tinggi Gayo. Gerakan tarian ini unik karena hanya menampilkan gerak tepuk tangan dan gerakan badan, kepala dan posisi badan. Tarian ini umumnya dimainkan oleh belasan atau puluhan laki-laki ataupun perempuan dalam jumlah ganjil. Hal tersebutlah yang menarik dalam tarian ini. Untuk penjelasan lebih lanjut tentang tarian dapat dilihat di Tari Saman, Keselarasan dari Dataran Aceh.

2. Tari Jaipong

tari jaipong
Foto : kebudayaan.kemendikbud.go.id

Tari Jaipong berasal dari Jawa Barat yang merupakan kreativitas seniman asal Bandung, Gugum Gumbira pada tahun 1961. Tari yang biasa disebut Jaipongan ini merupakan gabungan antara gerakan Ketuk Tilu, Tari Topeng Banjet, dan Pencak Silat. Untuk detailnya dapat dilihat di Tari Jaipong Yang Gemulai dari Jawa Barat.

3. Tari Kecak

Foto : romadecade.org

Tari Kecak berasal dari Bali yang telah diciptakann sejak tahun 1930-an. Tarian ini sudah sangat dikenal oleh mancanegara karena sering dipertunjukkan sebagai tari persembahan saat turis berlibur di Bali. Tarian ditarikan oleh banyak laki-laki yang duduk melingkar yang menggunakan kostum kain bercorak kotak-kotak hitam-putih dibagian pinggangnya. Kandungan unsur mistis dengan mempertontonkan imu kekebalan tubuh menjadi daya tarik yang khas dari seni tari ini. Untuk pembahasannya dapat dilihat di Tari Kecak, Tarian Khas Bali.

Baca Juga:  Sang Maestro Gudeg Legenda Yu Djum Meninggal Dunia

4. Tari Piring

Foto : senipedia.id

Tari Piring berasal dari Minangkabau Sumatera Barat. Selain masyarakat lokal, turis mancanegara juga banyak mengagumi tarian unik yang menjadikan piring sebagai properti tari. Kelihaian para penari membolak-balikan piring yang ada ditangannya menjadi daya tarik tersendiri bagi para penontonnya. Untuk informasi lebih jauh mengenai tari piring klik disini.

Demikian informasi terkait hari tari sedunia dan 4 tarian indonesia yang mendunia. Untuk mengetahui keanekaragaman Indonesia lainnya dapat mengakses ensiklopedia indonesia.

Tinggalkan Komentar